Rahasia Sembuh Positif COVID-19 di Sumbar, Minum Air Rebusan Daun Sirih Hingga Jeruk Sangkis

dr. Lila Yanwar positif COVID-19 di Sumbar sembuh setelah isolasi mandiri
dr. Lila Yanwar positif COVID-19 di Sumbar sembuh setelah isolasi mandiri (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

PADANG, KLIKPOSITIF - Dokter Lila Yanwar dinyatakan sembuh dari COVID-19 setelah menjalani isolasi mandiri selama 14 hari di rumah. Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan di Dinas Kesehatan Sumbar ini termasuk pasien positif COVID-19 yang tidak menunjukkan gejala dan kategori COVID-19 ringan.

Siang tadi, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) menghadirkan dr. Lila di Kantor Gubernur Sumbar untuk mengetahui apa kiat dari dokter tersebut sehingga isolasi mandirinya berbuah negatif COVID-19 setelah dua kali tes.

baca juga: WHO: Banyak Negara Salah Arah Tangani Virus Corona

dr. Lila langsung membeberkan rahasia suksesnya dihadapan awak media, Jumat, 10 April 2020. Awalnya, saat mengetahui positif COVID-19 dr. Lila mengakui sempat down. Namun dia mencoba untuk tegar, sebab sebagai dokter umum dia mengetahui penurunan mental bisa berpengaruh kepada ketahanan tubuh.

"Pesan saya kepada yang masih positif COVID-19 saat ini, mental kita harus kuat, perasaan kita harus dikelola agar punya tekad untuk sembuh. Itu modal awal," katanya.

baca juga: Ini Hasil Swab Warga yang Kontak dengan Pasien Positif Corona ke 20 di Agam

Setelah mental, dia mengaku menerapkan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi rebusan daun sirih, air perasan jeruk sangkis hingga berjemur saat pagi hari.

"Sejak dinyatakan positif saya langsung isolasi mandiri di rumah. Saya tinggal di vapiliun depan rumah terpisah dari keluarga. Setiap hari saya minum obat alami yang bisa menambah daya tahan tubuh, pagi hari saya berjemur," ungkapnya.

baca juga: Empat Daerah Zona Hijau di Sumbar Belajar Tatap Muka di Sekolah, Gubernur: Menerapkan Protokol COVID-19

Dia mengimbau kepada siapa saja untuk tidak takut memeriksakan diri serta jangan takut dilabel positif. Sebab positif pun bisa sembuh.

"Hasil pemeriksaan itu bisa membuat kita mengambil tindakan dengan mengusik diri dan tidak menyebarkan kepada orang lain apalagi orang terdekat kita," katanya.

baca juga: Ada 5 Penambahan Positif COVID-19 di Sumbar per 14 Juli 2020

dr. Lila juga berpesan kepada pasien positif COVID-19 yang sedang dirawat maupun yang isolasi mandiri tetap semangat menjalani pengobatan dan isolasi. Sebab virus tersebut bisa mati dengan sendirinya jika sistem ketahanan tubuh meningkat.

"Semangat sembuh dan terapkan pola hidup sehat, serta ikut saran dokter bagi yang sedang masa perawatan," tukasnya.(*)

Editor: Joni Abdul Kasir