Pesisir Selatan Butuh Rp 75 Miliar untuk Penanganan COVID-19, Begini Rinciannya

Pemkab Rakor bersama DPRD Pesisir Selatan penyampaian kebutuhan anggaran untuk penanganan COVID-19
Pemkab Rakor bersama DPRD Pesisir Selatan penyampaian kebutuhan anggaran untuk penanganan COVID-19 (Dok. Humas Pemkab Pessel)

PESSEL , KLIKPOSITIF -Pemerintah Kabuapaten Pesisir Selatan ( Pessel ), Sumatera Barat membutuhkan anggaran sebesar Rp75 miliar untuk penanganan Covid-19 di daerah tersebut.

Bupati Pessel , Hendrajoni menyampaikan, selain untuk operasional, anggaran tersebut juga dibutuhkan untuk biaya stimulan jaringan pengamanan sosial (JPS) dan warga yang terdampak langsung Covid-19.

baca juga: Virus Corona Diduga dapat Menyebar di Udara, Ilmuwan Rancang Filter Udara

"Jadi total anggaran yang dibutuhkan Rp75 miliar," ungkap Hendrajoni melalui rilis yang diterima KLIKPOSITIF usai rakor pemkab bersama DPRD setempat, Senin 6 April 2020.

Ia merinci, anggaran Rp75 miliar itu terbagi untuk operasional sebesar Rp 10 miliar, dan untuk JPS atau biaya stimulan Rp65 miliar.

baca juga: BLT Kemensos Tidak Seluruhnya Cair di Pessel, Pemkab Janjikan Ini

"Hal itu kita perkirakan sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri RI nomor 1 tahun 2020 tentang Pencegahan Penyebaran dan Percepatan Covi 19 di Lingkungan Pemerintah Daerah," terangnya.

Selain kebutuhan anggaran, pihaknya juga menyampaikan langkah-langkah yang telah dilakukan pemkab selama menangani Covid-19. Seperti membebaskan pajak hotel dan restoran, juga membebaskan pungutan retribusi untuk 753 petak kios yang tersebar di 14 pasar rakyat di daerah setempat.

baca juga: Ini Daftar 50 Negara Kasus Infeksi Tertinggi Corona, Indonesia Posisi 26

Selain itu, Pemkab Pessel juga telah mengalihkan pembelajaran siswa TK/ PAUD, SD dan SLTP ke rumah, selama masa yang ditentukan hingga penyebaran COVID-19 benar-benar teratasi.

"Kebijakan-kebijakan itu, dalam rangka mengurangi dampak ekonomi dan sosial akibat mewabahnya Covid-19," jelasnya.

baca juga: Ada 7 Penambahan Positif COVID-19 di Sumbar per 10 Juli 2020

DPRD Pessel sangat mendukung langkah yang telah dilakukakan pemkab. Namun, sejauh itu mesti harus dilakukakan lebih terukur. Sebab, penanganan Covid-19 merupakan hal prioritas saat ini.

"Pada prinsipnya kita mendukung kebijakan yang diambil Pemkab dalam penanganan Covid 19 . Namun, tentu ini harus dilakukan dengan baik sesuai kebutuhan,"tutupnya.

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Rezka Delpiera