Apple Rilis Aplikasi dan Website Panduan COVID-19

Aplikasi Covid-19 milik Apple
Aplikasi Covid-19 milik Apple (net)

KLIKPOSITIF - Apple mluncurkan website panduan dan aplikasi COVID-19 Screening Tool. Aplikasi dan situs web COVID--19 memungkinkan pengguna untuk menjawab serangkaian pertanyaan seputar faktor risiko, paparan dan gejala terkini untuk diri mereka sendiri atau orang yang dicintai.


Program ini dikerjakan bersama CDC (Centers for Disease Control and Prevention), White House Coronavirus Task Force dan FEMA. Keduanya hadir untuk membantu para pengguna Apple dalam mendapatkan pengetahuan, langkah yang tepat untuk melindungi diri dari pandemi virus Corona yang sedang terjadi secara global.

baca juga: Komet NEOWISE Melintas di Dekat Bumi, Bagaimana Mengamatinnya?

Pengguna dapat menerima rekomendasi CDC pada langkah-langkah selanjutnya, termasuk panduan jarak sosial dan isolasi diri, cara memonitor gejala secara cermat, direkomendasikan atau tidaknya tes pada saat ini, dan kapan harus menghubungi penyedia medis. Apple juga menjelaskan bahwa Screening Tool ini dirancang untuk menjadi sumber daya bagi individu dan tidak menggantikan instruksi dari penyedia layanan kesehatan atau panduan dari otoritas kesehatan terkait.

Aplikasi dan situs web juga menawarkan akses ke sumber daya untuk membantu orang tetap mendapat informasi dan mendapatkan dukungan yang mereka butuhkan. Pengguna dapat menerima jawaban seputar pertanyaan umum COVID--19. Termasuk siapa yang paling berisiko dan bagaimana mengenali gejalanya.

baca juga: Virus Corona Diduga dapat Menyebar di Udara, Ilmuwan Rancang Filter Udara

Pengguna juga dapat mempelajari informasi terbaru dari CDC seperti praktik terbaik untuk mencuci tangan, mendisinfeksi permukaan dan memantau gejala. Selain itu Apple juga mencatat bahwa Siri untuk pengguna di AS juga sudah diberi kemampuan untuk menjawan pertanyaan seputar COVID--19.Contohnya saat pengguna bertanya dengan kalimat "How do I know if I have coronavirus?", maka pengguna dapat mengakses panduan dan informasi dari CDC serta koleksi aplikasi kesehatan yang tersedia di App Store.

Mulai minggu ini para pengguna iPhone yang mendarat di bandara internasional seluruh wilayah Amerika Serikat juga akan mendapatkan notifikasi untuk mengingatkan mereka akan panduan CDC. Pengguna juga akan mendapatkan himbauan untuk tetap di rumah dan memantau kesehatan.

baca juga: Ini Daftar 50 Negara Kasus Infeksi Tertinggi Corona, Indonesia Posisi 26

Hanya saja, aplikasi ini belum tersedia di App Store regional Indonesia.



Editor: Ramadhani