Pemenang Lomba Menulis 110 Tahun PT Semen Padang Direvisi

PT Semen Padang
PT Semen Padang (Ist)

KLIKPOSITIF -- Dua hari setelah diumumkan, panitia dan juri Lomba Menulis Artikel 110 Tahun PT Semen Padang Membangun Negeri, merevisi pemenang lomba . Dua pemenang dibatalkan.

"Dua pemenang dibatalkan karena alasan berbeda. Urutan berikutnya dinaikkan sesuai peringkat nilai yang ada," kata Dewan Juri; Khairul Jasmi, Hendra Makmur dan Firdaus Abie, didampingi Firman Wan Ipin dan Sukma Murdani, masing-masing Ketua dan Sekretaris Panitia Lomba Menulis 110 Tahun PT Semen Padang Membangun Negeri, di Sekretariat Panitia Jl Kamang -- Padang, kemarin.

baca juga: Enam Finalis Lomba Video Pendek Jejak Wali di Nusantara, Lihat Daftarnya

Kedua naskah tersebut, pertama; artikel Juara I milik Yurnaldi (Padang), berjudul Mengupas dan Menggagas CSR PT Semen Padang. Kedua; Juara III, 110 Tahun Semen Padang Membangun Negeri Melalui Ranah Kearsipan, karya Purwanto Putra (Lampung).

Kedua naskah tersebut memiliki persoalan berbeda. Naskah milik Yurnaldi lebih panjang dari batas maksimal halaman yang ditentukan.

baca juga: Pocari Sweat BINTANG SMA 2020: Ajang Pencarian Bakat Online Anak SMA Kembali Digelar

Pemenang ketiga diganti, sebab belakangan juri tahu, tulisannya dikirim melewati deadline. Naskah Purwanto Putra masuk ke email panitia melewati batas waktu yang ditetapkan.

"Pedoman kami kepada ketentuan yang sudah ditetapkan, sehingga kami memutuskan untuk merevisi pemenang," kata Dewan Juri.

baca juga: Lomba Cipta Pusi dan Poster Semen Padang Ditutup, Panitia Terima 175 Karya

Direvisinya dua pemenang tersebut, tidak mengurangi hadiah yang diberikan kepada pemenang. Juri mengurut naskah sesuai peringkat yang sudah ada. Artinya, urutan di bawah naskah-naskah tersebut dinaikkan dan kemudian memasukkan dua pemenang baru di peringkat hiburan.

Di sisi lain, juri menambah hadiah dalam bentuk Penghargaan Khusus. Kategori Penghargaan Khusus, sebenarnya tak ada dalam kategori pemenang, sesuai pengumuman lomba . Juri memutuskan tambahan tersebut sebagai apresiasi terhadap naskah.

baca juga: BPNB Gelar Lomba Vlog Objek Budaya untuk Pelajar di Sumatra

Penghargaan Khusus diberikan kepada Yurnaldi karena tulisannya paket lengkap. Naskahnya benar-benar komplit. Selisih nilainya sangat jauh dibandingkan pemenang berikutnya. Sayang terlalu panjang, maka diberi Penghargaan Khusus.

"Kami meminta maaf atas ketidaknyamanan ini," kata Firdaus Abie, General Manager dan Pemimpin Redaksi Harian Umum Rakyat Sumbar yang sekaligus penanggungjawab lomba menulis tersebut.

Hadiah untuk pemenang, Juara I memperoleh uang tunai Rp 5 juta. Juara II, Rp 3 juta. Juara III, Rp 2 juta. Harapan, masing-masing memperoleh Rp 500.000,--*

Daftar Pemenang Lomba Menulis 110 Tahun PTSP

(Setelah Direvisi)

Juara I: Mesin Industri Yang Melintasi Abad (Maiza Elvira/Padang)

Juara II : 110 Tahun PT Semen Padang Komit Jembatani Lokalitas dan Modernitas (Dewi Ayu Larasati/Medan)

Juara III: Kenang-Kenangan untuk 110 Tahun Semen Padang: Kelap-Kelip Lampu di Indarung dan Harapan-Harapan Kemajuan (Dedi Arsa/Padang)

Harapan I: Taratak Hingga Beranak Pinak (M. Biahlil Badri/Solok)

Harapan II: Refleksi Sebelas Dasawarsa di Segelas Kopi (Aulia Rahim/Palembang)

Harapan III: Kontribusi Semen Padang Memajukan Pendidikan Bangsa (Supadilah/Lebak, Banten)

Harapan IV: Museum Tambang (Bukan) Gagasan Utopis (Ka'bati/Padang)

Penghargaan Khusus: Mengupas dan Menggagas CSR PT Semen Padang (Yurnaldi/Padang)

Editor: Pundi F Akbar