Mengenal Gerah Sukma, Solois Asal Sumbar di Blantika Musik Indonesia

Gerah Sukma
Gerah Sukma (Istimewa)
YOGYAKARTA, KLIKPOSITIF -

Perkembangan dunia musik yang mengarah ke digital sepertinya membuat Anugerah Sukma Agung atau yang dikenal dengan nama panggung Gerah Sukma akhirnya memutuskan untuk berkarir di dunia musik . Sebelumnya, ia sempat mencoba bertahan di dunia musik sejak duduk di bangku perkuliahan dan keluar jalur hingga merantau ke Jakarta.

Gerah Sukma saat dihubungi KLIKPOSITIF mengatakan setelah sekian lama, ia pun kini mencoba peruntungan di industri musik Indie Indonesia dengan menjadi penyanyi solo. Hal ini ternyata mendapat dukungan dari orang terdekatnya, salah satunya Boy Chandra yang merupakan seorang penulis nasional asal Sumbar.

baca juga: Satayu Berpulang, Begini Sosok Sang Maestro di Mata Indra Catri

"Lagu pertama Saya yaitu 'Jakarta Mengubah Kita' yang bercerita tentang kehidupan di Jakarta dan mengubah banyak hal dari seorang perantau. Lagu ini sendiri baru saja dirilis dan bisa didengar di gerai-gerai digital yang ada," kata musisi kelahiran Sijunjung, Sumatera Barat, 18 Juni 1991 tersebut.

Single perdana tersebut merupakan kolaborasi dirinya bersama Boy Chandra yang berperan sebagai penulis lirik. Ia mengaku sebelum memutuskan untuk menjadi solois, Gerah Sukma pernah terlibat beberapa grup musik atau band bersama teman-temannya.

baca juga: Video Baru BlackPink Pecahkan Rekor Youtube

"Tahun 2009 Saya pernah bergabung dengan band Penguin In The Dark bergenre alternative rock sebagai gitaris dan penulis lagu. Band ini hanya merampungkan tiga lagu sebelum akhirnya bubar dan tahun 2011 kembali terlibat grup musik Home Project dengan genre alternative pop yang masih sebagai gitaris dan penulis lagu. Band ini juga bubar setelah merampungkan 2 lagu saja," kata Gerah Sukma.

Selanjutnya, di tahun 2013 ia bersama teman-temannya di Unit Kesenian Universitas Negeri Padang, Gerah Sukma kembali tergabung ke dalam grup band Goodbyejohn. Band bergenre alternative rock ini merilis empat lagu dan sempat menjadi band pendatang baru yang cukup dikenal di Padang.

baca juga: Kabar Duka, Musisi Jazz Senior Benny Likumahuwa Meninggal Dunia

"Namun, karena setelah selesai kuliah dan memutuskan merantau ke Jakarta, Saya pamit dari Goodbyejohn dan di Jakarta bekerja di sebuah stasiun televisi swasta, sembari membentuk grup musik baru bernama Cigau dengan genre alternative rock pada tahun 2019. Di sini Saya mengisi mengisi vokal dan gitar yang akhirnya Cigau ini pun vakum setelah merampungkan 6 lagu," ujarnya.

Di tengah kejenuhannya dengan pekerjaan di industri pertelevisian, ia pun mengaku tidak bisa lepas dari musik . Sehingga pada awal 2020, Gerah Sukma memutuskan menjalankan projek solonya dan memilih meninggalkan Jakarta.

baca juga: Tak Kuat Bayar Cicilan, Ari Lasso Ungkap Mobil Pertamanya Ditarik Leasing

"Kini Saya putuskan untuk meninggalkan Jakarta tepat pada bulan lagu Jakarta Mengubah Kita dirilis. Saya akan menetap sementara di Yogyakarta dan menyiapkan album solo pertama," kata alumni Universitas Negeri Padang tersebut.

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Haswandi