Pengrajin Sumbar Harus Kekinian

Pengrajin membuat motif batik
Pengrajin membuat motif batik (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF - Wakil Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah ( Dekranasda ) Provinsi Sumbar, Wartawati Nasrul Abit mendorong pengrajin di daerahnya dapat bersaing dengan pengrajin dari daerah lain. Apalagi Sumbar memiliki potensi kerajinan yang sangat banyak.

"Kita miliki pengrajin yang kreatif dengan karya-karya yang diakui ditingkat lokal maupun provinsi. Maka untuk itu, kami sangat apresiasi," ujarnya Selasa, 25 Februari 2020.

baca juga: Google Merayakan Ulang Tahun ke-90 Pelopor Batik Indonesia Go Tik Swan, Begini Kisahnya

Lebih lanjut kata Wartawati, Dekranasda mendorong pengrajin dengan memberikan pembinaan berupa pelatihan ataupun motivasi serta bantuan alat penunjang untuk kerajinannya.

"Bantuan itu tidak hanya dari provinsi saja. Tetapi juga kabupaten dan kota, kami selalu mendukung potensi kerajinan daerah berkembang hingga internasional," tuturnya.

baca juga: Kedua Kalinya, Hj. Zulmiyetti Zul Elfian Pimpin Dekranasda Kota Solok

Selain itu, pengrajin di daerah juga dapat memanfaatkan teknologi. Yakni memanfaatkan media sosial dalam pemasarannya.

"Nanti produk yang dihasikan pengrajin dengan melakukan pemasarannya melalui media sosial akan dapat dilihat oleh konsumen dari luar negeri sehingga benar-benar berkembang kerajinan Sumbar kedepannya," ungkapnya.

baca juga: Wow! Ibu Negara Pakai Tenun Balai Panjang Saat Syukuran HUT Dekranas Ke-41

Sementara itu Kepala Bidang Industri Non Argo Disperindag Sumbar, Suriani, mengatakan, perlu mensinergikan antara kabupaten dan kota serta provinsi. Sehingga, nanti industri kerajinan yang ada didaerah dapat berkembang.

"Sehingga pengrajin ini benar-benar saling memahami dengan sinergi antara kabupaten dan kota yang ada di daerah," ujarnya.(*)

baca juga: Puluhan Orang di Pariaman Ikuti Diklat Batik Tulis

Editor: Joni Abdul Kasir