Snapdragon X60, Modem Baru Qualcomm untuk Gawai 2021

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Qualcomm memperkenalkan modem terbarunya bernama Snapdragon X60. Modem ini diciptakan untuk perangkat mobile yang mendukung jaringan 5G.

Qualcomm mengklaim Snapdragon X60 merupakan modem 5G pertama dengan ukuran 5nm. Dibangun dengan proses fabrikasi 5nm membuat modem Snapdragon X60 berukuran lebih kecil dibannding pendahulunya, Snapdragon X55 dengan proses fabrikasi 7nm.

baca juga: Dirilis di Masa Pandemi, Piaggio Jual Vespa Primavera Sean Wotherspoon Rp85 Juta

Dengan proses fabrikasi yang lebih padat, Snapdragon X60 akan bekerja lebih efisien dan menyediakan ruang yang lebih banyak bagi perangkat mobile untuk memperbesar kapasitas baterai. Tak hanya menawarkan proses yang lebih efektif, Snapdragon X60 juga memiliki kemampuan menggunakan jaringan mmWave dan sub-6GHz secara berkesinambungan.

Hal ini sebelumnya tidak dapat dilakukan oleh Snapdragon X55. Sebab, modem Snapdragon X55 hanya dapat membuat pengguna menggunakan jaringan mmWave atau sub-6Ghz.Modem Qualcomm 5G generasi ketiga ini berpotensi disematkan pada iPhone 2021 mendatang alih-alih iPhone 12.

baca juga: iOS 14 Dirilis, YouTube Hapus Fitur Picture In Picture

Sebab, iPhone 2021 dapat memiliki ruang lebih banyak untuk memperbesar kapasitas baterai. Qualcomm sendiri menyebut Snapdragon X60 akan disematkan pada smartphone secara komersil pada awal 2021 mendatang. Sementara pada 2020 baru digunakan untuk menemani modul antenna QTM535 mmWave. Dengan target tersebut, wajar jika Snapdragon X60 digunakan pada iPhone 2021 mendatang alih-alih iPhone 12.

Snapdragon X60 diklaim mampu mengunduh data dengan kecepatan hingga 7,5 Gbps, sementara untuk kecepatan unggah mencapai 3 Gbps.

baca juga: Akan Kembangkan Mobil Terbang, GM Jajaki Pasar Taksi Udara

iPhone 12 mendatang memang diprediksi telah mendukung jaringan 5G melalui modem Snapdragon X55. Hanya saja modem Snapdragon X55 hanya dapat mendukung antara gelombang mmWave atau sub 6 Ghz. Sebaga informasi, jaringan 5G mmWave disarankan digunakan pada kawasan padat penduduk. Sementara sub 6 GHz disarankan digunakan pada area dengan kondisi geografis tanpa halangan.

Editor: Ramadhani