Harga Minyak Dunia Perlahan Merangkak Naik

Minyak Dunia
Minyak Dunia (net)

KLIKPOSITIF - Meredanya kekhawatiran pelemahan permintaan minyak mentah global akibat penyebaran virus corona di China memicu harga minyak dunia merangkak naik. Dilansir dari Reuters Kamis (20/2/2020), harga minyak West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Maret 2020 meningkat 1,24 dolar AS atau sekitar 2,4 persen, menjadi 53,29 dolar AS per barel di New York Mercantile Exchange.

Sedangkan harga minyak mentah Brent untuk pengiriman April 2020 naik 1,37 dolar AS, atau sekitar 2,4 persen, menjadi 59,12 dolar AS per barel di London ICE Futures Exchange. Meski demikian, World Health Organization (WHO) menyebutkan bahwa belum ada cukup data untuk menyatakan penyebaran COVID-19 telah dapat diatasi.

baca juga: Siap-siap, Apa yang Harus Dilakukan Jika Indonesia Resesi? Ini Jawabnya

Harga minyak dunia juga terdongkrak harapan pemangkasan produksi lanjutan oleh OPEC (Organization of the Petroleum Exporting Countries) dan negara-negara produsen minyak lainnya yang tergabung dalam OPEC+.

Sebelumnya pada Rabu (19/2/2020) harga minyak West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Maret 2020 tidak mengalami perubahan dari sesi sebelumnya, tetap 52,05 dolar AS per barel di New York Mercantile Exchange. Sedangkan harga minyak mentah Brent untuk pengiriman April 2020 naik 8 sen menjadi 57,75 dolar per barel di London ICE Futures Exchange.

baca juga: Jokowi: Efek Pandemi COVID-19 Sebabkan Ruralisasi, Momen Instal Ulang Transformasi Ekonomi

Editor: Ramadhani