Sasar Pelaku UMKM, BPJS TK Cabang Padang Gelar Pelatihan Peningkatan Produktivitas

(Ist)

PADANG , KLIKPOSITIF -- Badan Penyelenggara Jaminan Sosial ( BPJS ) Ketenagakerjaan (TK) Cabang Padang menggelar Pelatihan Peningkatan Produktivitas dan Sosialisasi Program BPJS Ketenagakerjaan Bagi Pelaku Usaha Kecil Mikro di Kota Padang . Pelatihan tersebut dilaksanakan di Aula Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi ( Disnakertrans ) Sumbar , pada 19 - 20 Desember 2019.

Sekretaris Dinas Disnakertrans Sumbar Yuli Tri Susanti dalam sambutannya mengatakan, pelatihan tersebut diikuti oleh 300 pelaku UMKM yang dibagi selama dua hari. Dihadapan pelaku UMKM, ia menyampaikan pentingnya untuk meningkatkan produktivitas untuk menghasilkan produk berdaya saing.

baca juga: JKN-KIS Bantu Biayai Pengobatannya, Reni: Bingung Cari Biaya Kemana Jika Tak Ada Program Ini

"Dalam pelatihan ini, nanti akan diajarkan bagaimana mengembangkan produk-produk kita. Jangankan dari luar negeri, produk dari luar Sumbar sendiri kita sulit untuk bersaing. Jadi trik-trik itu yang akan kita pelajari," katanya dihadapan pelaku UMKM, Kamis 19 Desember 2019.

Yuli menambahkan, sebuah keharusan bagi pelaku UMKM untuk selalu menjaga kualitas produk yang dihasilkan, karena konsumen-konsumen sekarang lebih cerdas.

baca juga: Terkena Penyakit Langka Bernama Lumut Matahari, Nek Nurhasanah: Untung Saja Berobatnya Pakai JKN-KIS

"Kemudian bagaimana kita merekrut tenaga kerja, bagaimana kita menjamin tenaga kerja dalam hal perlindungan-perlindungan ketenagakerjaan. Setiap pekerjaan yang dilakukan punya potensi terjadinya kecelakaan, itu tidak kita inginkan, namun jika terjadi dan sudah mengikuti BPJS Ketenagakerjaan akan ada manfaat-manfaat yang diperoleh," ujarnya.

Kepala BPJS Cabang Padang Yuliman Lubis mengatakan, ada empat program jaminan sosial yang diselenggarakan BPJS TK, yakni jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian, jaminan hari tua dan jaminan pensiun," katanya.

baca juga: Tanah Datar Sudah Kirim 5.939 Sampel, 557 Orang Terkonfirmasi Positif COVID-19

Seorang pekerja, lanjutnya, yang mengalami kecelakaan kerja otomatis butuh perawatan dan pengobatan. Orang tersebut tidak akan dilayani oleh BPJS Kesehatan, walaupun sudah terdaftar dan membayar iuran.

"Siapa yang akan melayani? Tentu BPJS TK, kalau dia terdaftar. Kalau dia tidak terdaftar yang akan menanggung si pemberi kerja, itulah pentingnya BPJS TK," ujarnya.

baca juga: Melalui Virtual Charity Run and Ride PLN, Sambung Listrik Gratis untuk Lebih Ribuan Rumah di Sumatera dan Kalimantan Barat

Yuliman menyebutkan, tidak ada batasan, sampai sebesar apapun besar biaya semua akan ditanggung oleh BPJS TK.  

"Akan bahaya nanti jika kita memperkerjakan orang lain, maka orang lain tersebut berhak mendapatkan jaminan perlindungan sosial, kalau misalnya terjadi kecelakaan kerja, kemudian biaya ditanggung oleh yang bersangkutan, yang pada saat itu kalau dia keberatan dan dibawa ke ranah hukum, dapat dipastikan kita sebagai pemberi kerja akan kalah," tuturnya.

"Harapannya, setelah pelatihan ini, pelaku UMKM dapat meningkatkan produktivitas dan menghasilkan produk berdaya saing dan bagi yang belum mengikuti BPJS TK agar segera mendaftar," sambungnya lagi.

[M Haikal]

Penulis: Khadijah