Google Luncurkan Fitur Incognito untuk Maps di iOS

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF -Google akhirnya memberikan fitur Incognito pada aplikasi Maps di perangkat iOS. Google mengumumkan bahwa fitur incognito kini mulai dibagikan pada perangkat iOS mulai 10 Desember 2019.

Sebelumnya, fitur incognito Google Maps baru tersedia di Android. Kehadiran fitur incognito ini membuat setiap rute atau pencarian lokasi pada Google Maps tidak akan direkam pada riwayat.

baca juga: Apple Rilis Update Terbaru untuk iMovie for iOS

Fitur ini membuat Google dan berbagai macam pihak ketiga seperti pengiklan tidak mengetahui aktivitas lokasimu ketika gunakan Google Maps. Fitur privasi ini dianggap penting, sebab banyak pengguna yang merasa diawasi ketika mendapatkan iklan berkaitan dengan rute yang telah mereka lewati.

Google juga membagikan bagaimana cara mengaktifkan Incognito pada Google Maps untuk iOS. Pengguna cukup menekan gambar akun profil Google pada sisi kanan atas. Setelah ditekan, akan muncul pilihan Incognito Mode yang berada di tengah-tengah pop-up.

baca juga: Apple Bagikan 16 Wallpaper Baru di iOS 14.2

Bila Incognito Mode telah diaktifkan, akan terlihat perubahan ikon Incognito pada Google Maps. Dengan mengaktifkan mode Incognito, pengguna tidak lagi mendapatkan rekomendasi yang dibuat dengan algoritma personal pengguna. Bila pengguna memang tengah mencari rekomendasi tempat berdasarkan rute yang ditempuh tentu tidak perlu menggunakan fitur ini.

Tetapi bila pengguna merasa terganggu dan merasa diawasi ketika menggunakan Google Maps dengan kehadiran rekomendasi yang dianggap percuma, fitur ini tentu akan sangat berguna.

baca juga: Hari Pertama, Pemesanan iPhone 12 Capai 2 Juta

Penulis: Ramadhani