Festival Botuang dan Payakumbuh Bagodang Meriahkan HUT Kota ke-49

Plt Disparpora Payakumbuh, Andiko Jumarel (tengah).
Plt Disparpora Payakumbuh, Andiko Jumarel (tengah). (Ist)

PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF -- Event kesenian tahunan Payakumbuh Botuang Festival bakal kembali digelar di Panorama Ampangan, Nagari Aua Kuniang, Kecamatan Payakumbuh Selatan, Sabtu (7/12) dan Minggu (8/12).

Plt Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Andiko Jumarel menyebut, pihaknya terus berupaya mengemas kegiatan tersebut secara apik dengan menghadirkan hiburan yang berkualitas bagi warga Kota Payakumbuh dan sekitarnya.

baca juga: Kapolres Payakumbuh: Operasi Zebra Singgalang 2020 Untuk Pendisiplinan Masyarakat Berkendara

"Ada berbagai kegiatan seni yang akan kita lakukan di Festival Botuang 2019 besok. Sejumlah kesenian daerah Payakumbuh akan kita tampilkan," kata Andiko Jumarel, Jumat (6/12).

Dijelaskannya, untuk Payakumbuh Botuang Festival pihaknya berupaya mengangkat bambu sebagai komoditi untuk mengangkat ekonomi masyarakat di nagari, khususnya di Aua Kuniang sebagai kampung pengrajin bambu.

baca juga: Tetap Layani Warga Saat Pandemi, BPJS Kesehatan Payakumbuh Maksimalkan Layanan PANDAWA

"Kita mendorong masyarakat untuk berkreasi menciptakan karya baru sehingga bernilai menjanjikan, akan ada pelatihan bagi masyarakat setempat, untuk meningkatkan skill masyarakat dalam mengolah bambu," kata Andiko.

Meskipun gelaran Payakumbuh Botuang Festival sudah masuk pada tahun ketiga, namun untuk saat ini iven khas Payakumbuh itu masih dalam tahap pomosi, untuk menunjang kegiatan ini, Pemko khusus mengundang artis ibukota dan artis seni tradisi dari beberapa daerah di nasional.

baca juga: Investor Korea Akan Bangun Hotel Berbintang di Payakumbuh

"Beberapa bentuk kegiatan promosinya bernuansa tradisi, kita memperkenalkan makan bajamba, menampilkan musik tradisi dari berbagai daerah di provinsi dan nasional. Ada saluang tradisi dan randai. Dilaksanakan di Panorama Ampangan sebagai salahsatu objek destinasi wisata di Payakumbuh ," katanya.

Dikatakan Andiko, Festival Botuang sendiri merupakan rangkaian dari peringatan HUT Kota Payakumbuh yang ke-49. Kegiatan lain adalah Payakumbuh Baralek Godang (Bagodang) yang akan mulai dilaksanakan pada Kamis (12/12) sampai Minggu (16/12).

baca juga: Wali Kota Payakumbuh Lantik Tiga Kepala Dinas

"Untuk kegiatan akan dibuka dengan lomba Pacu Itiak, Kamis (12/12) pagi, di hari tersebut akan dilaksanakan pembukaan Payakumbuh Bagodang yang rencana oleh wali kota atau wakil wali kota," katanya.

Sejumlah kegiatan lomba juga akan ikut memeriahkan HUT Payakumbuh ke-49, seperti cipta lagu Payakumbu, lomba busana muslim, festival pop minang se-Sumbar.

"Juga akan dilaksanakan pawai seni religi untuk SD/MI dan SMP/MTs. Kita akan juga aan melaksanakan pesata rakyat dan malam resepsi HUT Kota Payakumbuh , sekaligus penutupan Bagodang," lanjutnya. (*)

Penulis: Taufik Hidayat