Orasi Politik Sumangaik Sembilan Faldo Maldini Terinspirasi dari Sembilan Ruang Rumah Gadang

Ketua DPW PSI Sumbar Faldo Maldini saat oransi politik
Ketua DPW PSI Sumbar Faldo Maldini saat oransi politik (Istimewa )

PADANG, KLIKPOSITIF - Setelah resmi menjabat Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Partai Solidaritas Indonesia Sumatera Barat Faldo Maldini menggelar pidato politik, Minggu malam di Hotel Pangeran Beach Padang, (27/10).

Dalam orasinya, Fadlo menawarkan sembilan gagasan untuk membangun Sumbar yang disebutnya Sumangaik Sambilan (Semangat Sembilan). Menurut mantan juru bicata Prabowo-Sandi itu Sumangaik Sembilan terinspirasi dari rumah gadang nan sembilan ruang di Minangkabau.

baca juga: Azwar Anas: Mulyadi-Ali Mukhni Pasangan yang Ideal untuk Memimpin Sumbar

"Sumangaik Sembilan ini kami tawarkan untuk perubahan Sumbar kearah yang lebih baik," ujarnya.

Dijelaskan anak muda asal Pesisir Selatan itu, dalam program Sumangaik Sembilan ada sembilan semangat dari berbagai sisi yakni Sumangaik Baraja dan Sumangaik Mangaji yang berisi gagasan tentang pendidikan.

baca juga: Menakar Peluang Bakal Calon di Pilgub Sumbar, Pengamat: Sangat Kompetitif

Kemudian, Sumangaik Raun tentang infrastruktur pendukung, Sumangaik Manggaleh berisi gagasan tentang industri dan Sumangaik Bakawan tentang jejaring dan hubungan kerjasama.

Lalu, Sumangaik Malayani tentang pelayanan publik berbasis partisipasi masyarakat, Sumangaik Bajaleh tentang transparansi APBD, Sumangaik Badayo berisi gagasan peningkatan kesejahteraan perempuan dan anak dan terakhir Sumangaik Basegeh tentang inovasi berbagai bidang.

baca juga: Terkait Janji Tuntaskan Masa Jabatan di Kota Padang, Mahyeldi Sebut Ikuti Keputusan Partai

Faldo optimis bersama PSI bisa membawa Sumbar kearah yang lebih baik. Walaupun partai yang diketuai Grace Natalie itu tidak mendapatkan kursi di DPRD Sumbar. Anak muda 29 tahun itu juga sedang berusaha di Mahkamah Konstitusi terkait batasan umur pada Pilkada.

"Untuk Pilgub kami sedang berusaha di MK, insyaallah kita menang dan tidak ada batasan bagi anak muda untuk bertarung dalam panggung politik sebagai kepala daerah," tukasnya. (*)

baca juga: Faldo Maldini: Kami Adalah Poros Baru di Pilgub Sumbar

Penulis: Joni Abdul Kasir