Jika ke Pasbar, Cobalah Kunjungi Pantai Pohon Seribu

Pantai Pohon Seribu
Pantai Pohon Seribu (KLIKPOSITIF/Irfan Pasaribu)

PASAMAN BARAT , KLIKPOSITIF --  Pantai Pohon Seribu begitu lah orang-orang menyebut pantai yang terletak di Pesisir Pantai Barat Sumbar ini. Pantai ini dikenal dengan sebutan pantai pohon seribu tidak lain karena di sana berjejer pohon cemara menjulang tinggi sepanjang pantai.

Pantai yang terletak di Kecamatan Sasak Ranah Pasisie itu berjarak sekitar 20 kilometer dari daerah jantung kota Pasaman Barat . Ini menjadi salah satu objek wisata alternatif dan kebanggaan di daerah penghasil minyak kelapa sawit terbesar di Provinsi Sumbar itu.

baca juga: KPU Pasbar Umumkan Jumlah DPS Sebanyak 259.329 Tersebar di 1.034 TPS

Selain itu, garis pantai nya panjang sekali dan tidak putus-putus, mungkin mencapai dua kilometer lebih di sepanjang area Pantai pohon seribu itu. Di Pantai ini suasana nya lebih tenang, asri, bersih dan cocok untuk melepas penat bersama keluarga.

Bagi pecandu olahraga, seperti sepeda motor pantai, banyak disewakan oleh warga dengan tarif Rp 50.000 per jam nya. Sedangkan untuk pecandu olahraha Volly Pantai, pemerintahan nagari setempat sengaja membuat lapangan volly pantai yang bisa digunakan buat siapa saja.

baca juga: Audy Sebut Sumbar Punya Potensi Jadi Lumbung Jagung Nasional, Pasbar Salah Satu Titiknya

Ada banyak gazebo-gazebo di sepanjang pantai yang bisa dipakai buat duduk-duduk santai. Suasananya lebih nyaman dan sejuk. Di sini pengunjung juga bisa karaoke lepas yang disediakan gratis oleh warung-warung makan yang ada.

Kuliner khas nya pun spesifik Gulai Sabo-sabo, Gulai Ikan Karang dan Panggang pacak yang tidak ditemukan di daerah lain.

baca juga: 16 Paket Besar Ganja Kering Disita, Empat Pelaku Dibekuk di Pasbar

Ada juga keripik ringan olahan warga setempat dari hasil laut, seperti keripik udang, peyek maco, peyek udang dan kerupuk kambang loyang.

Menurut salah seorang pengunjung asal Kinali, Herman mengatakan untuk makan, harganya cukup terjangkau untuk seporsi nasi cukup mengeluarkan Rp 15.000 saja.

baca juga: Seorang Warga Meninggal Dunia Dinyatakan Positif COVID di Pasbar

"Harga yang sepadan dan sama dengan diluar untuk menutup rasa lapar, dengan suasana hembusan angin yang sejuk dan nyaman, bahkan itu termasuk murah" katanya.

Selain itu jelas Herman, di sini ada ciri khasnya, pengunjung akan disuguhkan di pintu masuk pantai dengan berjejernya pedagang ikan, mulai dari ikan segar hingga ikan asin. Ikan segar dan asin nya pun bervariasi mulai dari udang kering, ikan budu talang, ikan maco dan lainnya," jelasnya.

"Saya bersama istri sengaja kesini di akhir pekan. Di samping melepas penat sekalian untuk membeli ikan segar dan ikan asin yang baru untuk dibawa pulang ke rumah," ungkapnya.

Sementara Domi salah seorang pedagang setempat kepada KLIKPOSITIF mengatakan, Pantai Pohon Seribu ini mulai ramai kalau sedang hari libur akhir pekan atau libur sekolah.

Kalau hari-hari biasa seperti di hari jam kerja, paling-paling pengunjung yang khusus datang untuk makan siang atau acara ulang tahun dan lainnya," katanya.

Meski dihari-hari tertentu pengunjung ramai, namun pedagang tetap mematok harga yang sama di saat ramai atau sunyi. "Di sini tidak ada biaya parkir, semua kendaraan di gratiskan. Namun berbeda hal nya ketika hari-hari tertentu, seperti lebaran atau acara pesta pantai," tutup Domi.

[Irfan Pasaribu]

Penulis: Iwan R