Baznas Kota Solok Targetkan Rp 4 Miliar Zakat Terkumpul Tahun 2019

Wawako Solok menyalurkan zakat untuk masyarakat
Wawako Solok menyalurkan zakat untuk masyarakat (Humas dan Protokol Pemko Solok)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF -- Tahun 2019, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Solok menargetkan pemasukan zakat lebih kurang 4 miliar dari 2.178 Muzakki yang ada di kota Solok .

Menurut ketua Baznas kota Solok , Zaini, pihak Baznas kota Solok sudah dilengkapi tenaga penyuluh profesional untuk mendorong Muzakki agar menyalurkan zakat melalui Baznas kota Solok .

baca juga: Pemko Solok Dorong Pengembangan Produk Turunan Minyak Atsiri

Selain itu, pihak Baznas juga telah menyiapkan petugas pengumpul zakat profesional yang siap menjemput langsung zakat yang akan disalurkan oleh para Muzakki.

"Petugas pengumpul zakat dan penyuluh siap terjun langsung ke tengah masyarakat. Selain itu, masyarakat juga bisa konsultasi berbagai hal terkait zakat sesuai dengan syariat Islam," sebut Zaini, Selasa (24/9).

baca juga: Bron Captering Pintjoeran Gadang, Jejak Belanda di Kota Solok

Untuk mempermudah pengelolaan, mulai tahun 2019 Baznas Kota Solok sudah menerapkan aplikasi Sistem Manajemen Informasi BAZNAS (Simba). Aplikasi tersebut mempermudah penginputan data Muzakki.

Dijelaskannya, dalam penyaluran zakat, Baznas kota Solok memiliki berbagai program. Diantaranya, Solok Sehat yang membantu meringankan biaya masyarakat kurang mampu untuk mengakses layanan kesehatan.

baca juga: Tiga Pasien COVID-19 Kota Solok Sembuh, Dua Masih Diisolasi

Kemudian, Solok Peduli, program dalam membantu masyarakat yang ditimpa bencana seperti kebakaran dan musibah lainnya. Solok Sejahtera, membantu masyarakat kurang mampu yang tergolong lansia dan fakir dan diperuntukkan juga untuk konsumsi insidentil serta modal usaha.

Berikutnya, Solok Cerdas, program bantuan pendidikan bagi yang baru masuk sekolah tingkat SD, SLTP, SLTA dan Perguruan Tinggi dan Solok Taqwa, bantuan berupa asuransi kepada penyuluh agama se-Kota Solok dengan BPJS Kesehatan Solok .

baca juga: Budayakan Hidup Sehat, Kapolres Solok dan Jajarannya Pilih Olahraga Sepeda

"Zakat yang terkumpul disalurkan kepada pihak-pihak yang berhak menerima, semoga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memangkas angka kemiskinan di kota Solok ," terangnya.

Sepanjang tahun 2018, Baznas kota Solok telah mengelola dan menyalurkan zakat bagi 1848 kepala keluarga di kota Solok . Setidaknya, zakat yang disalurkan sangat membantu dalam pengentasan angka kemiskinan.

Sementara itu, Kantor Kementerian Agama Kota Solok bakal membentuk sebuah tim audit berpola syariah untuk memaksimalkan pengelolaan zakat melalui Baznas kota Solok .

“Supaya penyaluran zakat bisa tepat sasaran, nantinya akan dibentuk sebuah tim audit yang terdiri dari pihak Kemenag kota Solok dan pemerintah daerah," sebut Kasi Bimas, Afrizen.

[Syafriadi]

Penulis: Khadijah