Sambut Hari Kemerdekaan, Balai Baca Rumah Bako Gelar Turnamen Sepakbola

Tim bola Balai Baca Rumah Bako.
Tim bola Balai Baca Rumah Bako. (istimewa)

KLIKPOSITIF -- Balai Baca Rumah Bako di Kabupaten Agam menggelar tunamen sepakbola anak tingkat Kabupaten. Turnamen ini sudah dibuka sejak tanggal 7 Agustus hingga perhelatan final pada 18 Agustus mendatang. Selain itu, turnamen ini adalah kali pertama diinisiasi oleh Taman Bacaan Masyarakat.

Turnamen sepakbola antar anak-anak itu diselenggarakan di tanah Lapang Ambuang Baro, Jorong Balai Gurah. Sekaligus menyonsong ulang tahun kemerdekaan RI ke-74 dengan total peserta 8 tim. Untuk Rumah Bako sendiri menurunkan dua tim, Junior FC A dan B. Sedangkan, enam Tim undangan yakni, tim Biaro Gadang, Canduang, Pincuran Puti, Batu Taba, Kapau dan Pasia.

baca juga: Julian Nagelsmann, Pelatih yang Lebih Muda dari Messi dan Ronaldo

Menurut Candra , pelatih Junior fc, motivasi diadakannya turnamen ini adalah untuk silaturahmi antar anak dan remaja se- Agam timur. Dan juga sebagai jembatan yang akan menyalurlan bakat-bakat olahraga anak nagari untuk level yang lebih tinggi.

Sementara itu, Edo Wakmen, pendiri Rumah Bako menyebut, melalui kegiatan ini, Rumah Bako berharap menumbuhkan semangat kebersamaan yang bisa jalin melalui olah raga, seni dan sosial masyarakat. "Setidaknya, anak-anak yang bersosialisasi disini bisa juga menyalurkan bakat mereka dengan baik," kata Edo.

baca juga: Hajar Atletico Madrid, RB Leipzig Jumpa PSG di Semifinal Liga Champions

Terpisah, Robby Wahyu Riyodi, inisiator Balai Baca Rumah Bako mengatakan, taman bacaan masyarakat yang hadir tidak melulu mengurus soal bacatulis. Tapi, juga hadir sebagai saran wujud mimpi masyarakat dengan mendesain kegiatan yang dekat dengan masyarakat seperti turnamen bola antar kampung ini.

"Tentu TBM akan jadi lebih menarik, asyik dan merakyat. Secara tidak langsung juga akan meningkatkan minat masyarakat ke TBM dan menepis anggapan masyarakat selama ini, bahwa TBM/ Perpustakaan hanya untuk segelintir orang yang berkepentingan," jelasnya.

baca juga: Diberi Bintang Tanda Jasa, Fahri Hamzah: Saya Akan Terus Mengkritik

Harapan terbesar dari keluarga Balai Baca Rumah Bako, turnamen ini diharapkan menjadi program yang tepat untuk memfasilitasi kreativitas dan potensi anak. Dengan adanya program ini, maka bisa terwujud generasi muda Balai Gurah yang sehat dan literat.

Opening ceremony turnamen ini juga menarik dengan menampilkan aktraksi silat, tari indang dari Balai Baca Rumah Bako dan pembukaan oleh niniak mamak. Pertandingan pembuka kemarin mempertemukan Junior FC vs Batu Taba dan berakhir dengan skor telak 6-0 untuk Junior FC. (*)

baca juga: Setelah Elkan Baggott, Giliran Jack Brown Masuk TC Timnas Indonesia U-19

Penulis: Agusmanto