Emoji, Mempererat Atau Pemutus Hubungan?

Emoji dapat menyampaikan ekspresi tetapi tidak menunjukkan intensitas.
Emoji dapat menyampaikan ekspresi tetapi tidak menunjukkan intensitas. (Smokeylemon)

KLIKPOSITIF - Pada Hari Emoji Dunia yang diperingati pada 17 Juli kemarin, kita akan berbicara tentang emojisasi hubungan. Emoji diciptakan pada tahun 1999 tetapi pada tahun 2019, kita memiliki sejumlah besar emoji untuk menggambarkan banyak perasaan.

Emoji menyampaikan perasaan dalam sebuah kata. Kita hidup dalam waktu banyak jalur yang serba cepat ini, di mana orang tidak punya banyak waktu, sehingga emoji ini tidak hanya menghemat waktu tetapi juga mempermudah segalanya. Misalnya, jika pasangan Anda adalah seorang yang cerdas, maka saat Anda mengirimkan emoji senang, maka ia akan menanggapinya dengan baik.

baca juga: Riset Ungkap Obat Kumur Bisa Bantu Nonaktifkan Virus Penyebab Covid-19

Anda memilih untuk menulis baris, misalnya, "Ini lucu sekali". Ya, oke, pasangan Anda akan mengerti bahwa Anda menganggapnya lucu tetapi dia tidak akan yakin karena mereka tidak akan tahu seberapa geli Anda dengan emoji itu.

Demikian pula, jika Anda marah tetapi tidak benar-benar marah, memasukkan emoji marah hanya akan membuat hal-hal lucu dan menyampaikan kepada orang lain bahwa ia tidak perlu khawatir tentang hal itu. Selain itu, emoji membantu Anda mengirim bunga tanpa benar-benar membeli buket, itu bahkan membantu Anda mengirimi bunga lain yang Anda inginkan.

baca juga: Overprotektif Bisa Buat Orang Tua Jadi Toxic Parent

Disisi lain, emoji membantu menyelamatkan suatu hubungan, tetapi apakah mereka benar-benar melakukannya? Lihat, hari ini emoji atau emotikon telah menjadi bagian dari kehidupan. Dilansir dari laman Boldsky, beberapa dapat menemukan emoji belum matang dan mungkin ingin melanjutkan dengan kebiasaan SMS kuno. Sekarang, tidak apa-apa, jika satu pasangan mau mengerti.

Disisi lain, emoji bisa menciptakan gesekan halus. Emoji dapat menyampaikan ekspresi tetapi tidak menunjukkan intensitas. Emoji mampu membunuh kata-kata indah yang ingin diciptakan seseorang untuk pasangannya.

baca juga: Konsumsi Garam Ternyata Pengaruhi Kualitas Hubungan Seksual

Pasti terasa lebih istimewa untuk menyampaikan cinta dan emosi dengan beberapa baris puisi klasik daripada sesuatu yang usang seperti emoji hati. "Sehingga hal itu membuat mereka berada pada zona abu-abu yang dapat memperkeruh hubungan dengan pasangannya. Emoji itu tepat tetapi perasaan tidak," jelas peneliti.

"Emoji dapat menyampaikan bahwa Anda merasa biru dan sedikit terganggu karena Anda menyukai orang lain dan Anda tidak ingin melukainya, tetapi Anda tidak merasa seperti Anda dapat terhubung dengannya di berbagai tingkatan dan jatuh cinta," kata para ahli.

baca juga: Haid Anda Tak Teratur, Mungkin Ini Penyebabnya

Emoji sangat jelas dan mereka tidak bisa menjawab pertanyaan- pertanyaan ini. Gambar-gambar kartun ini tidak pernah bisa mengganggu ruang hubungan abu-abu yang penting.

Selain itu, mereka dapat menghilangkan keseriusan dari hubungan dan menguranginya menjadi pertukaran obsesi masa kecil Anda untuk kartun. "Jadi, pada Hari Emoji Dunia, kami merasa harus ada keseimbangan. Anda tidak dapat menuntaskan pesan melalui lautan emoji, dan juga tidak bisa sepenuhnya mengabaikan hal itu," jelasnya.

Penulis: Fitria Marlina