Animo Masyarakat dalam Program AUTS di Pessel Masih Rendah

(KLIKPOSITIF/ Kiki Julnasri)

PESSEL , KLIKPOSITIF -- Program Asuransi Usaha Ternak Sapi (AUTS) yang dikerjasamakan dengan PT Asurasi Jasindo di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat masih minim peserta. Bahkan, sejak tiga tahun terakhir paling tinggi hanya mencapai 70 persen.

"Animo masyarakat kita masih rendah, dan kegiatan ini juga baru pertama kali di mulai 2017," ungkap Sekretaris Disnakewan Pessel , Yosro didampingi Kabid Bina Usaha dan Kelembagaan, Rizondra kepada KLIKPOSITIF , Senin 8 Juli 2019.

baca juga: Jelang Masa Tenang, Bawaslu Pessel Ingatkan Paslon Tidak Lakukan Ini

Dari data Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakewan) setempat, sejak tiga tahun terakhir jumlah kuota mendapatkan asuransi ternak di daerah itu 2000, dan hingga Mei 2019 baru mencapai 1079 peserta.

"Tahun 2017, dari 600 ekor yang terealisasi 411 ekor. 2018, target 500 ekor, realisasi 330. 2019 target 900, sampai Mei baru terealisasi 338 ekor dan ini akan terus kami tingkatkan," jelasnya.

baca juga: Hari Ini Total Kasus COVID di Pessel Capai 763 Orang

Sementara itu, salah seorang peternak sapi di Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan mengaku masih belum mengetahui tentang program tersebut. Sebab, selain sering bertatap muka dengan penyuluh juga minim mendapatkan informasi tentang peternakan .

"Mendengar saja baru kali ini. Kalau benar ada, saya sangat tertarik untuk ikut. Tapi caranya bagaimana," ujar Edi saat diwawancara KLIKPOSITIF .

baca juga: Di Tengah Pandemi, KPU Pessel Siagakan Petugas Berbaju Hazmat Untuk Pemilih Khusus

Menurutnya, terkait adanya program tersebut, tidak terkecuali dia saja yang tidak mengetahui. Bahkan, dikatakan hampir setiap peternak di kampungnya belum dapat informasi tersebut.

"Belum ada saya dengar, peternak lain ikut itu (program AUTS). Nanti kalau masuk ke kampung ini, saya mau ikut," tutupnya.

baca juga: Diduga Langgar Netralitas, Satu PNS dan Wali Nagari di Pessel Dilaporkan ke Bawaslu

Diketahui, Program Asuransi Usaha Ternak Sapi (AUTS) merupakan program pemerintah untuk mengurangi resiko kerugian peternak dalam pengembangan ternak sapi. Untuk bisa mendapat jaminan ini, peternak harus membayar premi Rp40.000 per ekor per tahun dan mendapatkan biaya pertanggungan sebesar Rp.10.000.000, jika mengalami resiko sesuai petunjuk asuransi. (Kiki Julnasri)

Penulis: Eko Fajri