746 Pelari Meriahkan Anniversarun 2019 PT Semen Padang

Pelepasan peserta Semen Padang Anniversarun 2019 oleh Kapolda Sumbar Irjen Pol. Drs. Fakhrizal, M.Hum,  Dirut SP Yosviandri, Direktur Keuangan SP Tubagus Muhammad Dharury, Direktur Operasional SP, Firdaus, Ketua DPRD Sumbar Hendra Irwan Rahim, Komisaris SP, Khairul Jasmi, dan Komisaris SP Werry Dart
Pelepasan peserta Semen Padang Anniversarun 2019 oleh Kapolda Sumbar Irjen Pol. Drs. Fakhrizal, M.Hum, Dirut SP Yosviandri, Direktur Keuangan SP Tubagus Muhammad Dharury, Direktur Operasional SP, Firdaus, Ketua DPRD Sumbar Hendra Irwan Rahim, Komisaris SP, Khairul Jasmi, dan Komisaris SP Werry Dart (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Event  Anniversarun  2019 PT Semen Padang yang diselenggarakan Minggu, 7 Juli 2019 pagi berlangsung meriah. Sebanyak 746 pelari dari berbagai daerah di Indonesia, turut serta dalam lomba lari tingkat nasional yang digelar perusahaan semen plat merah di Kota Padang tersebut.

Lomba lari kategori 6,1 K, 10.9 K juga disponsori oleh Bank Nagari dan PT Semen Indonesia sebagai sponsor utama. Untuk kategori master 10.9 K hadiah dipersembahkan oleh Kapolda Sumbar Irjen Pol Fakhrizal senilai total Rp 15 juta dan juga Piala Kapolda untuk Podium I.

baca juga: Maksimalkan Pasar Luar Negeri, PT Semen Padang Ekspor 25.000 Ton Semen ke Australia

Kemudian, sponsor lain, ada Bank BRI, Bank Mandiri, Samuel Aset Manajemen, PT Pasoka, Trakindo, Bank BNI, Kunango Jantan, SPH, PT Tiga Laskar Mandiri, PT Kepsindo, RIS, Cipto Sadar, PT Trakindo dan Sawit Khatulistiwa Nusantara.

“Selain anak perusahaan, Anniversarun ini juga didukung oleh Forum Komunikasi Karyawan Semen Padang (FKKSP),” kata Ketua Panitia Anniversarun 2019 PT Semen Padang , Nurita Handayani didampingi Wakil Ketua, Satrio Rian Bhakti, kepada wartawan di Plaza Kantor Pusat PT Semen Padang , Minggu.

baca juga: Didukung Semen Padang, UMKM Rumah Dagang Berhasil Budidaya Puyuh Petelur di Tengah Pandemi

Nurita juga menuturkan peraih Podium Anniversarun 2019. Untuk kategori 10,9K Umum Putra, pelari atas nama Beni Ardinata berhasil meraih Podium I dengan perolehan waktu 41 menit 40,9 detik. Kemudian Podium II M Yunus dengan waktu 42 menit 5,12 detik, dan Podium III diraih Hamdan Syafril Sayuti dengan waktu 43 menit 43,75 detik.
 
Kemudian untuk 10,9K Umum Putri, Podium I disabet oleh Prety Shite dengan waktu 52 menit 05,16 detik, Podium II diraih Juni Ramayani dengan waktu 53 menit 50,94 detik, dan Podium III diraih Dwi Tiansi Anggraini dengan perolehan waktu 55 menit 52,88 detik.

"Untuk peraih Podium I kategori 10,9K Umum Putra dan Putri, berhak mendapatkan hadiah uang tunai Rp7,5 juta, Podium II uang tunai Rp5 juta, dan Podium III uang tunai Rp2,5 juta. Selain itu, juga diberikan hadiah lainnya berupa medali dan sertifikat," ujar Nurita.

baca juga: Pohon Tumbang Hambat Akses Jalan Raya Padang-Solok, PT Semen Padang Kerahkan Relawan TRC

Kategori 10,9K Pelajar Putra, kata Nurita melanjutkan, Podium I diraih Roly Wilefi dengan waktu 43 menit 28,65 detik, Podium II diraih M.Rohid Azwar dengan waktu 43 menit 37,21 detik, dan Podium III diraih Ade Saputra dengan perolehan waktu 44 menit 15,26 detik.

Kemudian untuk 10,9K Pelajar Putri, Podium I diraih Yura Safitri dengan waktu 3 menit, 1,20 detik, Podium II Latifa dengan waktu yang diperoleh 55 menit 4,63 detik, dan Podium III diraih oleh Diana Amelia Sari dengan waktu 55 menit 28,39 detik.

baca juga: Berpartisipasi Aktif Tanggulangi Dampak Covid-19, Semen Padang Terima Penghargaan dari Pemko Padang

"Peraih Podium I, II, III, berhak mendapatkan hadiah uang tunai masing-masing Rp5 juta untuk Podium I, Rp3,5 juta untuk Podium II, dan Rp2 juta untuk Podium III. Selain itu, para pemenang juga diberikan sertifikat dan medali," bebernya.
 
Wakil Ketua Anniversarun , Satrio Rian Bhakti melanjutkan bahwa untuk kategori 10,9K Master, pelari atas nama Hendra berhasil meraih Podium I dengan catatan waktu 36 menit 14,7 detik, dan berhak atas hadiah Rp7,5 juta ditambah medali dan sertifikat.

Kemudian Podium II diraih Defrizal degan waktu 50 menit 40,60 detik, mendapatkan hadiah Rp5 juta ditambah medali dan sertifikat, dan Podium III yang disabet Janti Manalu dengan waktu 56 menit 53,10 detik, mendapatkan hadiah Rp2,5 juta ditambah medali dan sertifikat.

"Semua hadiah uang tunai untuk peraih Podium I, II dan III kategori 10,9K Master, berasal dari Pak Kapolda Sumbar, Irjen Pol Fakhrizal. Totalnya Rp15 juta," ungkap Satrio.

Terakhir untuk kategori 6,1K Umum Putra, tambah Satrio, Podium I disabet oleh Khairulah dengan catatan waktu 20 menit 52,98 detik, Podium II Jumra Putra dengan perolehan waktu 21 menit 5,28 detik, dan Podium III diraih Rori Satria Putra dengan waktu 21 menit 5,28 detik.

Sedangkan untuk 6,1K Umum Putri, Podium I dirah oleh pelari atas nama Bayu Trianata Sari dengan catatan waktu 24 menit 26,13 detik. Kemudian Podium II Jihan Alifah Ardi dengan waktu 26 menit 27,5 detik, dan Podium III Siti Murhanisa dengan catatan waktu 26 menit 32,69 detik.

Peraih Podium Kategori 6,1K Umum Putra dan Putri, sebut Satrio, juga diberikan hadiah uang tunai Rp5 juta untuk Podium I, Rp2 juta untuk Podium II dan Rp1 juta untuk Podium III. Selain itu, juga diberikan sertifikat dan medali.

"Selain memberikan hadiah uang tunai, sertifkat dan medali, untuk semua pemenang Harapan 1 sampai 7 di masing-masing kategori, juga diberikan hadiah berupa uang tunai masing-masing Rp500 ribu, ditambah dengan medali dan sertifikat," ungkap Satrio.

Salah seorang peraih Podium I untuk kategori 6,1K umum Putra bernama Khairulah mengaku bersyukur sekaligus bangga bisa meraih Podium I pada Anniversarun 2019 yang digelar PT Semen Padang ini. Menurutnya, rute yang dilewati pelari cukup menantang, ada tanjakan dan ada turunan.

"Alhamdullah, saya sangat senang, rutenya menantang bagi saya," katanya usai ditemui di lokasi finish di Lapangan Plaza Kantor Pusat PT Semen Padang . Peraih Medali Perunggu Porwil 2015 ini juga menuturkan bahwa ajang lomba lari ini baginya secara pribadi, juga merupakan bagian dari persiapan untuk menuju PON 2020 di Papua.

"Saya ini atlet lari. Saat ini tengah pemusatan latihan untuk Porwil Bengkulu yang akan digelar November mendatang. Dengan raihan Podium I ini, tentunya saya semakin optimis untuk bisa meraih medali pada ajang Porwil nanti," imbuh Khairulah.

Eni Rosita Jajal Rute 10,9K

Anniversarun  2019 yang digelar dalam rangka HUT ke-106 Pengambilalihan Pabrik (nasionalisasi) PT Semen Padang itu, diawali dengan senam bersama di lapangan Plaza Kantor Pusat PT Semen Padang . Setelah itu, dilanjutkan dengan star untuk peserta kategori 6,1K pada pukul 06.30 WIB, dan kategori 10,9K pukul 06.40 WIB.

Anniversarun ini memiliki rute yang cukup menantang, terutama untuk kategoti 10,9K yang memiliki track berupa turunan dan tanjakan yang begitu tajam dengan medan jalan berkerikil dan tanah, khususnya di kawasan Padayo dan Goa Kelelawar.

Rute ini, dimulai star dari Plaza Kantor Pusat PT Semen Padang-Bukit Atas-Padayo-Goa Kelelawar-kembali ke Padayo-Lapangan Golf-finish di Plaza Kantor Pusat PT Semen Padang . Kemudian untuk kategori 6,1K, dimulai dari Kantor Pusat PT Semen Padang -Bukit Atas-Lapangan Golf-dan kembali finish di Kantor Pusat PT Semen Padang .

Untuk memeriahkan suasana, panitia juga menyuguhkan acara hiburan berupa pertunjukan musik dari Semen Padang Band dan Naga Band. Kemudian di lokasi acara, juga disediakan stand untuk para sponsor.

Tidak hanya itu, lomba lari tersebut juga turut dimeriahkan oleh seorang Guest Star, yaitu Eni Rosita yang merupakan peraih Podium I pada ajang Tambora Chalenge untuk kategori 320K Female tahun 2017, 2018 dan 2019. Bahkan pelari kelahiran Pemalang, Jawa Tengah 19 Oktober 1978 itu, juga ikut menjajal rute lari sejauh 10,9K.

"Rutenya Anniversarun ini seru bangat. Ada jalan aspalnya, tanjakan, ada ofroad-nya juga. Jadi semi trail, gak bosan larinya. Kemudian marshal juga ada disetiap titik, markanya juga cukup jelas, dan water station-nya juga cukup. Jadi sudah memadai untuk jarak 10,9K," kata Eni Rosita memberikan penilaian.

Menurutnya, meskipun bagi PT Semen Padang lomba lari ini merupakan event perdana, tapi ia berharap agar event ini dijadikan agenda tahunan, karena pesertanya begitu antusias. "Ivent ini begitu sukses. kalau bisa ini jadi agenda tahunnan di PT Semen Padang ," ujarnya.

Direktur Utama PT Semen Padang Yosviandri, mengatakan, lomba lari ini diselenggarakan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran karyawan dan masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan yang salah satunya, adalah dengan berolahraga rutin. Dan, lari adalah olahraga yang paling mudah dilakukan baik itu sebelum atapun setelah bekerja.

"Kegiatan ini dilaksanakan juga dengan harapan, agar terjalinnya hubungan yang lebih harmonis antara Semen Padang dengan masyarakat, dan ini juga merupakan salah satu bentuk dukungan nyata PT Semen Padang terhadap kesehatan maupun masyarakat," kata Yosviandri kepada wartawan di lokasi acara.

Selain itu, lanjutnya, pada ajang ini Semen Padang juga ingin memperkenalkan tempat-tempat menarik yang layak dibagikan kepada masyarakat Sumatera Barat. Ini dibarengi dengan keinginan menuju kehidupan yang lebih sehat bersama dan didukung oleh lingkungan pabrik yang asri dan hijau.

"Kami juga ingin mempromosikan salah sat objek wisata Indarung, Padang, yakni Goa Kelelawar kepada masyarakat seluruh nusantara. Goa Kelelawar dijadikan bagian dari rute Anniversarun , karena destinasi wisata ini belum banyak diketahui orang," pungkas Yosviandri.(*)

Penulis: Riki Suardi