Ringneck Pheasant, Ayam yang Disebut Bisa Deteksi Gempa

(KLIKPOSITIF/ Halber)

PADANG , KLIKPOSITIF -- Seekor ayam yang dipamerkan dalam pameran ternak di lokasi Kantor Wali Kota Padang diklaim mampu mendteksi gempa .

Nama ayamnya adalah Ringneck Pheasant yang berasal dari daerah Tibet, Cina. Ayam yang mempunyai bulu tubuh merah kecoklatan, kepala berwarna biru dengan pial berwarna merah, dan bulu ekor berwarna kuning muda itu diklaim mampu mendeteksi gempa .

baca juga: Kunjungi Showroom Molis, GM PLN Sumbar: Penggunaannya Akan Lebih Menjaga Lingkungan

"Sebelum gempa terjadi, biasanya ayam Ringneck Pheasant ini bisa mendeteksi gempa dengan melihat sikapnya yang mengepak-ngepakkan sayapnya," ujar Ketua Pecinta Ayam Hias Se-Sumatera Barat, Dinar, Kamis 27 Juni 2019.

Selain itu, ayam tersebut juga akan menunjukkan sikap yang tidak seperti biasanya dan tidak tenang jika akan terjadi gempa .

baca juga: ACT Sumbar Siapkan Kapal Untuk Angkut Bantuan Bencana Sulbar

" Ayam ini jika akan terjadi gempa mereka tidak akan tenang, mereka akan selalu ribut di dalam kandangnya," lanjutnya.

Dalam pameran tersebut, hanya ada sepasang ayam jenis Ringneck Pheasant yang dipamerkan agar masyarakat tahu dengan jenis ayam tersebut.

baca juga: BKMT Sumbar Ajak Masyarakat Tolak Radikalisme, Inteloransi dan Berita Hoaks

Selain ayam pendeteksi gempa itu, pihaknya juga memamerkan ayam lainnya yang unik dan memiliki ciri khas khusus seperti ayam Brahma dari India.

"Kami membawa banyak jenis ayam untuk dipamerkan di sini dan kami harap masyarakat bisa tahu dengan jenis ayam ini," tutupnya. (Halbert Caniago)

baca juga: Jelaskan Penyebab Gempa Talaud 7,1 SR, BMKG Ingatkan Kemungkinan Gempa Lebih Besar

Penulis: Eko Fajri