Pergerakan Saham Pagi Ini Melemah karena Aksi Ambil Untung Investor

Ilustrasi
Ilustrasi (http://www.aktual.com/)

KLIKPOSITIF - Pergerakan saham di Bursa Efek Indonesia pagi ini dibuka melemah sebesar 8,24 poin menyusul sebagian investor mulai mengambil posisi ambil untung.

IHSG BEI dibuka turun 8,24 poin atau 0,16 persen menjadi 5.125,68. Sedangkan kelompok 45 saham unggulan atau LQ45 bergerak melemah 2,05 poin (0,23 persen) menjadi 885,70.

baca juga: Distribusi Vaksin Dorong Penguatan IHSG

"IHSG bergerak melemah menyusul sebagian investor melakukan aksi ambil untung," kata Kepala Riset NH Korindo Securities Indonesia Reza Priyambada di Jakarta, Kamis 14 Juli 2016.

Aksi ambil untung itu juga dikarenakan imbas bursa saham global yang lajunya mulai tertahan. Di sisi lain, secara teknikal harga saham di dalam negeri mulai masuk dalam area jenuh beli (overbought).

baca juga: IHSG Dibuka Melemah Pada Transaksi Hari Ini

"Meski begitu peluang IHSG untuk berbalik menguat masih terbuka memanfaatkan momentum kebijakan pengampunan pajak," katanya.

Dilansir dari laman Ant, Kepala Riset Universal Broker Indonesia, Satrio Utomo mengatakan aliran dana asing terkait kebijakan pengampunan pajak, sepertinya masih tetap akan mendominasi isu perdagangan untuk jangka pendek.

baca juga: Perdagangan Awal Tahun, IHSG Dibuka di Jalur Hijau

"Jika terdapat indikasi aliran dana asing berkurang intensitasnya, maka pergerakan IHSG bisa cenderung mendatar atau mengarah ke konsolidasi," katanya.

Ia menyarankan agar pemodal sebaiknya tetap fokus pada saham yang sedang berada dalam tren naik, diantaranya PT Bukit Asam Tbk (PTBA), Adaro Energy (ADRO), dan Vale Indonesia (INCO), serta pada sektor-sektor yang mendapat sentimen positif dari pengampunan pajak, seperti perbankan, konstruksi, dan properti.

baca juga: IHSG Kembali Dibuka di Jalur Hijau Pada Transaksi Rabu Pagi

Penulis: Fitria Marlina