Positifers, Hindari Makanan Ini Setelah Operasi

Jika Anda mengonsumsi produk susu seperti keju,  meningkatkan peluang sembelit yang dapat membuat stres
Jika Anda mengonsumsi produk susu seperti keju, meningkatkan peluang sembelit yang dapat membuat stres (Pixabay)

KLIKPOSITIF - Tahukah Anda bahwa makan makanan yang salah bisa berbahaya bagi tubuh setelah operasi ? Jika Anda menemukan diri Anda berbaring di ranjang rumah sakit pasca operasi , maka makanan memberi pengaruh besar dalam hal ini. Dilansir dari laman food eat safe, berikut makanan yang mengganggu masa pemulihan Anda setelah operasi .

 1. Produk Susu

baca juga: Waspadai Sakit Perut Bagian Kanan, Ini Sejumlah Penyakit yang Mungkin Terjadi

Jika Anda telah menjalani operasi pada perut atau daerah sekitarnya, maka Anda harus tahu produk susu ada dalam daftar terlarang. Jika Anda mengonsumsi produk susu seperti keju,  meningkatkan peluang sembelit yang dapat membuat stres. Terlebih lagi, jika menderita batuk, dahak yang disebabkan oleh produk susu juga bisa menjadi masalah.

 2. Makanan Manis

baca juga: Anda Alami Gangguan Wasir, Ini Bahan Alami untuk Mengobatinya

Sama seperti produk susu , makanan manis seperti kue dan permen juga mengganggu. Meskipun mereka terlihat menggugah selera, mereka dapat menyebabkan sembelit, peningkatan rasa sakit, dan stres pada luka Anda. Terlebih lagi, mereka menawarkan nilai gizi yang sangat sedikit yang berarti Anda dapat memulihkan kesehatan Anda jika Anda memilih kue daripada wortel.

3. Buah Kering

baca juga: Air Kelapa Dapat Bantu Atasi Diare, Begini Fungsinya

Buah-buahan kering harus ditinggalkan dari menu pemulihan pascaoperasi Anda. Ketika Anda sudah merasa sakit dan tidak nyaman, buah-buahan kering dapat menambah tingkat ketidaknyamanan tersebut. Terlalu banyak dapat menyebabkan mengkonsumsi makanan kering menyebabkan masalah pencernaan, kenaikan berat badan yang dapat menyulitkan saat Anda tidak berjalan, serta gangguan gula dan komplikasi asma.

4. Alkohol

baca juga: Anda Diserang Batuk, Ini Buah-buahan yang Bisa Bantu Menyembuhkan

Ketika Anda menjalani operasi , Anda seringkali meninggalkan bekas luka. Agar kulit Anda dapat sembuh dengan optimal, jangan komsumsi alkohol untuk beberapa saat. Sebaiknya, hindari alkohol karena dapat menghambat proses perbaikan kulit. Alkohol memengaruhi kemampuan penyerapan nutrisi, serta memperlambat pemeliharaan sel.

5. Produk Kopi dan Kafein

Bahkan jika kafein adalah anti-oksidan dengan sejumlah manfaat , itu kurang membantu pasca operasi . Ketika minum banyak kafein, tubuh tidak dapat menyerap nutrisi dengan mudah - nutrisi yang Anda butuhkan untuk sembuh dengan cepat.
Kemudian, tempat luka Anda bisa membutuhkan waktu lebih lama untuk pulih daripada yang Anda inginkan. Alih-alih menjilat lattes, pilihlah air sebagai gantinya.

6. Makanan Pedas

Setelah makanan rumah sakit yang membosankan dan hambar, Anda mungkin mendambakan Bakso pedas atau kari ibu yang terkenal. Namun, Anda mungkin harus menunggu sedikit lebih lama - terutama setelah operasi perut. Segala jenis operasi yang melibatkan perut, usus, atau kandung kemih, berarti Anda harus menghindari makanan pedas yang dapat menyebabkan iritasi, kembung dan masalah lainnya.

[Michele Novri]

 

Penulis: Fitria Marlina