Ini Manfaat Stoberi bagi Kesehatan

ilustasi
ilustasi (net)

KLIKPOSITIF -Hasil penelitian ilmuwan menyatakan bahwa stroberi bisa membantu memerangi kanker payudara. Pada  jurnal yang diterbitkan di Scientific Reports disebutkan peneliti menguji ekstrak stoberi pada sel kanker tikus betina di laboratorium.

Setelah lima minggu menjalani pengobatan dengan stroberi, tikus tersebut menunjukkan tanda-tanda tidak adanya perkembangan kanker dan tumornya telah menyusut.

baca juga: Ahli Ungkap Mematikan Pendingin Ruangan Bisa Kurangi Penyebaran Covid-19

"Kami melihat penurunan berat dan volume tumor yang signifikan," kata Dr Maurizio Battino, dari Universitas Politeknik Marche di Italia.

Sel kanker yang digunakan dalam percobaan berasal dari strain yang sangat agresif dan invasif. Namun, para peneliti menekankan bahwa hasil tes pada hewan tidak berarti selalu akan memberi efek yang sama pada manusia.

baca juga: Ahli Sebut Covid-19 Bermutasi, Satu Orang Bisa Infeksi 4 Orang Lain

Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa makan antara 10 sampai 15 stroberi sehari dapat membuat arteri lebih sehat dengan mengurangi kadar kolesterol darah. Senyawa fenolik yang terkandung dalam buah ini dianggap bertanggung jawab atas efek tersebut.

"Hasil ini bisa memahami efek potensial stroberi pada kanker payudara dan mekanisme molekuler yang terlibat, namun harus dilengkapi dengan studi klinis dan epidemiologi untuk memverifikasi apakah manusia memiliki efek positif yang sama seperti yang kita amati pada tikus," katanya.

baca juga: Malas Olahraga Berat, Jalan Kaki Juga Bermanfaat Bagi Tubuh

Penulis: Ramadhani