Legislator di Tanah Datar Ingatkan Pembangunan Nagari Harus Berdasarkan Hal Ini

Wali Nagari Talang Tangah Andry Andres mengekspos program pembangunan dalam acara Musrenbang nagari.
Wali Nagari Talang Tangah Andry Andres mengekspos program pembangunan dalam acara Musrenbang nagari. (KLIKPOSITIF/ Irfan Taufik)

TANAH DATAR , KLIKPOSITIF -- Kegiatan pembangunan nagari hendaknya berdasarkan kebutuhan masyarakat bukan kemauan pemerintahan nagari.

"Rancangan program pembangunan harus berdasarkan kebutuhan masyarakat dan DPRD akan memperjuangkannya sepanjang masuk dalam Musrenbang nagari," kata Anggota DPRD Tanah Datar Yalpema Jurin saat acara Musrenbang Nagari Talang Tangah, Kecamatan Sungai Tarab, Rabu 6 Februari 2019.

baca juga: Monitoring Vaksinasi di Polres Tanah Datar, Ini Pesan Kabid Humas Polda Sumbar

Ia menjelaskan, anggota Dewan dapat melaksanakan kegiatan pembangunan di nagari melalui program pokok pikiran (Pokir) Dewan berdasarkan kunjungan atau reses ke daerah pemilihannya.

"Sebenarnnya bantuan khusus keuangan nagari yang perencanaannya berasal dari pokok-pokok pikiran anggota DPRD bukan dana langsung yang diberikan kepada masyarakat, namun berupa program pembangunan yang dirancang dan dikelola atas hasil reses atau kunjungan lapangan," kata Politisi PPP ini.

baca juga: Meresahkan Warga, Polisi Tangkap Seorang Penjual Togel di Tanah Datar

Sementara itu, Wali Nagari Talang Tangah Andry Andres menyampaikan beberapa rencana program pembangunan nagari berupa rehab bangunan Pustu nagari, pembangunan draenase, rabat beton bahu jalan sepanjang 2 kilometer, pembukaan dan pengaspalan jalan sepanjang 1,5 kilometer, pengadaan hewan ternak untuk 14 kelompok tani.

"Pemerintahan nagari sudah mengakomodir dan mendata kebutuhan masyarakat untuk menjadi program pembangunan prioritas yang ingin dicapai dan dilaksanakan demi tercapai kesejahteraan masyarakat," kata Andry.

baca juga: Dua Orang Diduga Pengedar Narkoba Ditangkap di Tanah Datar Saat Akan Transaksi

Kepala Dinas Pangan dan Perikanan Tanah Datar , Daryanto Sabir mengharapkan Musrenbang Nagari dapat mempertimbangkan segala aspek serta prioritas kebutuhan dalam pelaksanaan pembangunan sehingga program pembangunan memang dirasakan manfaatnya bagi masyarakat.

"Pemerintahan nagari hendaknya dapat merangkul seluruh unsur masyarakat dalam merumuskan segala kebutuhan sehingga masyarakat bisa berperan aktif dalam pembangunan dan tidak timbul gejolak dalam nagari," katanya. (irfan taufik)

baca juga: Jalin Silaturahmi dengan Wartawan, Kapolres Tanah Datar Harapkan Hal Ini

Penulis: Eko Fajri