Lantik Kepala SMA/SMK, Gubernur Sumbar Ingatkan Masalah Penggunaan Anggaran

Gubernur Irwan Prayitno lantik Kepala sekolah SMA/SMK di Auditorium Gubernur, Selasa (22/1).
Gubernur Irwan Prayitno lantik Kepala sekolah SMA/SMK di Auditorium Gubernur, Selasa (22/1). (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengingatkan Kepala Sekolah SMA/SMK untuk mengontrol pengunaan anggaran agar tidak terjadi permasalahan hukum di kemudian hari.

"Semua pengunaan anggaran itu, baik masuk ataupun keluar mesti dicatat. Jangan sampai ada yang bermain, karena semua dapat kena getahnya. Bawahan yang bermain, pimpinan kena getahnya," tegasnya saat melantik kepala sekolah SMA/ SMK di Auditorium Gubernur, Selasa 22 Januari 2019.

baca juga: Tinjau Kebakaran Pasar Kambang, Bupati Pessel Janjikan Hal Ini untuk Pedagang

Disebutkannya, anggaran ini sudah jelas dan sudah ada aturan penggunaannya, sehingga tidak boleh digunakan untuk hal yang bukan peruntukannya.

Selain itu terang Irwan, kepala sekolah juga mesti dapat menggunakan teknologi yakni komputer dan handphone android apalagi pada era industri 4.0.

baca juga: Kebakaran Pasar Kambang, Kerugian Ditaksir Miliaran Rupiah

"Maka, kepala sekolah tidak boleh ada yang gagap teknologi. Sebab, komunikasi saat ini sudah menggunakan teknologi," ujarnya.

Kemudian tutur Irwan, kepala sekolah dalam era globalisasi ini mesti dapat berkompetisi dan bersaing, jangan sampai kalah dengan daerah lain.

baca juga: Andre Rosiade Kembali Boyong Kepala Daerah di Sumbar Temui Menteri PUPR

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Sumbar , Burhasman menyebutkan, Pemprov Sumbar telah melakukan pelantikan kepala sekolah sebanyak empat tahapan.

"Untuk tahap satu, ada sekitar 103 kepala sekolah yang dilantik, tahap dua 156 kepala sekolah , tahap tiga 86 kepala sekolah dan tahap empat sebanyak 14 kepala sekolah , ditambah tujuh kepala cabang dinas, tujuh kepala sub tata usaha cabang dinas dan dua kepala seksi cabang dinas. Ada dua tipe pada cabang dinas yakni A dan B," ungkapnya.

baca juga: Buka Bimtek PPID, Bupati Pessel: Keterbukaan Informasi Publik Harus Sampai Seluas-luasnya untuk Masyarakat

Ia berharap, kepala sekolah yang telah dilantik ini untuk dapat meningkatkan kinerja dalam kemajuan sekolah yang dipimpinnya. 

"Kita akan evaluasi kinerja kepala sekolah ini. Makanya, kita minta kepala sekolah dapat menunjukan kinerja terbaiknya," pungkasnya.

[Joni Abdul Kasir]

Penulis: Iwan R