Padang Pariaman Siapkan Lokasi TPA Sampah Regional

Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah
Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah (KLIKPOSITIF)

PADANGPARIAMAN, KLIKPOSITIF - Wakil Bupati Padangpariaman, Suhatri Bur mengatakan, bahwa pihaknya telah menyiapkan lokasi pembuangan akhir sampah di wilayah Sumbar. Bahkan, untuk masterplannya sudah ada.

"Kesiapan kita telah menyiapkan lokasi tempat pembuangan sampah regional ini telah disampaikan juga kepada Dinas Pekerjaan Umum Provinsi. Jika jadi masuk sebagai program nasional. Kabupaten Padangpariaman telah siap," ujarnya saat mendampingi Wagub dalam peninjauan Main Stadium di Sikabu, Padangpariaman, Kamis (10/1).

baca juga: Perempuan-peremuan Tangguh Bank Sampah Lidah Mertua Bungo Pasang

Untuk lokasi yang akan dijadikan tempat pembuangan sampah regional ini berada di Kecamatan 2 x 11 enam lingkung, Kenagarian Sicincin, Korong Gadang Laweh, Kabupaten Padangpariaman.

"Jadi jika Kabupaten Padangpariaman ditunjuk menjadi lokasi itu, untuk lahan semua sudah clear. Bahkan, lokasi penampungan itu mampu menampung sampah yang ada dari daerah lain, karena untuk luas lahan yang diminta sudah sesuai, yakni sekitar 10 hektare," katanya.

baca juga: Bantuan Alat Pengolahan Diharapkan Bisa Bantu Atasi Persoalan Sampah di Sumbar

Selain itu, kata Suhatri, nanti lokasi itu tidak hanya untuk tempat pembuangan akhir sampah namun juga ada tempat pengolahan seperti daur ulang limbah. "Tidak hanya tempat pembuangan akhir sampah saja. Ada juga pengolahan seperti daur ulang limbah sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar," jelasnya.

Kesempatan yang sama, Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit mengatakan bahwa sebelumnya dirinya bertemu Dirjen Cipta Karya. Pihak Dirjen Cipta Karya menanyakan Sumbar punya lahan didaerah untuk pembuangan akhir sampah . Namun, lokasi daerahnya mesti ditengah dan dapat koneksi dengan daerah lain.

baca juga: Khawatir Zat Berbahaya Kantong Plastik, Masjid di Padang Gunakan Besek Bambu untuk Bungkus Daging Kurban

"Jadi, saya tanya Wabup Padangpariaman. Beliau ada lokasi. Maka, tinggal lapor lagi ke pusat. Maka kita di provinsi tidak masalah. Karena kita di provinsi membangun untuk daerah," tuturnya.

Ia berharap, jika nanti tempat pembuangan akhir sampah di Padangpariaman ini dapat diterima oleh pusat, akan bermanfaat banyak bagi Sumbar karena dapat menampung sampah yang ada di daerah sekitarnya

baca juga: DLH Padang Akui TPA Air Dingin Belum Bisa Lakukan Sanitary Renville, Ini Penyebabnya

[Joni Abdul Kasir]

Penulis: Fitria Marlina