Hari Ini, Para Petinggi Adat di Pesisir Selatan Ramaikan Parade Tikuluak

Perempuan petinggi adat (Bundo Kanduang) berbaris dalam Parade Tikuluak yang digelar di Kabupaten Pesisir Selatan
Perempuan petinggi adat (Bundo Kanduang) berbaris dalam Parade Tikuluak yang digelar di Kabupaten Pesisir Selatan (Istimewa)

PESISIR SELATAN , KLIKPOSITIF -- Para petinggi adat Minangkabau dari 37 Kerapatan Adat Nagari (KAN) di Kabupaten Pesisir Selatan mengikuti parade Tikuluak-penutup kepala perempuan Minangkabau .

Parade ini berlangusng di Muaro Bantiang, Kecamatan Koto XI Tarusan, Senin 17 Desember 2018 yang melibatkan para petinggi adat seperti Datuak dan Bundo Kanduang.

baca juga: 10 Tips Bersepeda 'Ala' Ketua ISSI Pessel

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Pessel , Mawardi Roska menyebutkan, lomba parade tikuluak di daerah tersebut merupakan salah satu upaya untuk mengangkat kembali nilai-nilai budaya Minangkabau .

"Artinya bagaimana budaya Tikuluak ini bisa dipakai kembali dalam kegiatan sehari-hari. Sepertinya ketika ada musyawarah dalam nagari," katanya pada KLIKPOSITIF .

baca juga: Tim BNPB Verifikasi Usulan Pemkab Pessel Terkait Kebencanaan Daerah

Saat parade berlangsung, para peserta tampak menggunakan Tikuluak yang dilengkapi dengan pakaian khas adat Minangkabau lengkap dengan songket sebagai pemanisnya.

Dia menjelaskan, globalisasi membuat masyarakat tidak banyak yang mengetahui fungsi dan filosofi dari Tikuluak, sehingga keberadaannya hilang ditelan masa.

baca juga: Soal Anggaran COVID-19 di Pessel, DPRD Minta Pengawasan Penegak Hukum

"Di sinilah salah satu pentingnya kita mengangkat parade Tikuluak. Karena Tikuluak memiliki filosofis dan erat kaitannya dalam kehidupan di Minangkabau ," terangnya.

Menurut dia, kegiatan yang digelar dalam seharian penuh tersebut, juga disuguhkan dengan promosi wisata. Setiap peserta dibebaskan menyesuaikan untuk membuat Tikuluak dengan ciri khas masing-masing nagari (desa adat).

baca juga: BLT Kemensos Tidak Seluruhnya Cair di Pessel, Pemkab Janjikan Ini

"Melalui potensi wisata ini kita berharap akan ada daya tariknya promosi wisata. Karena parede ini bertujuan dalam rangka mempromosikan objek wisata dan mengankat potensi budaya sebagai daya tarik pariwisata," pungkasnya.

Parade Tikuluak ini dibuka langsung oleh Bupati Pesisir Selatan , Hendrajoni. Dalam prosesi perade juga diisi dengan makan bajamba (makan bersama) untuk seluruh peserta dan Pemkab Pessel .

[Kiki Julnasri Priatama]

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa