Tahun Depan, Pemkab Pesisir Selatan Tambah Satu TPA di Tapan

Ilustrasi
Ilustrasi (Mongabay)

PESSEL , KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan berencana menambah Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah masyarakat di kawasan Tapan pada tahun 2019 mendatang.

Penambahan TPA tersebut dilakukan untuk mengakomodir pembuangan sampah  di beberapa kawasan sekitaran Tapan.

baca juga: Langgar Perda AKB, 53 Warga Pessel di Sanksi Karena Tidak Pakai Masker

Kepala Dinas PU-PR Pesisir Selatan , Era Sukma mengatakan, TPA itu akan dibangun di Kecamatan Basa Ampek Balai (BAB), tepatnya di Bukit Buai Tapan di atas lahan seluas 5 hektare.

"Proposal sudah kita diterima melalui pendanaan Direktorat Pengembangan Penyehatan Lingkungan dan Pemukiman (PPLP) Kementerian Pekerjaan Umum. Semoga tahun 2019 bisa terjawab," katanya.

baca juga: Bawaslu RI Temukan 601 Pemilih Ganda Dalam Proses DPT Pilkada di Pessel

Ia menjelaskan, TPA baru ini akan mengakomodir pembuangan sampah dari Kecamatan Airpura, Ranah Ampek Hulu, Basa Ampek Balai (BAB) Tapan, Lunang, Silaut dan termasuk pembungan sampah dari Kecamatan Linggo Sari Baganti, Ranah Pesisir hingga Kecamatan Lengayang.

"Saat ini kita baru memiliki satu TPA di Gunung Bungkuak Lumpo dan hanya mampu menampung sampah dari Kecamatan Koto XI Tarusan, Bayang, dan IV Jurai. Jadi kita butuh penambahan lagi," terangnya.

baca juga: Diguga Terlibat Narkoba, Seorang Oknum Guru PNS Ditangkap Polisi di Pessel

Menurutnya, jika pembangunan TPA di BAB Tapan terealisasi, maka untuk pembuangan sampah masyarakat di bagian Selatan Pessel akan terkendali.

Pasalnya sebut dia, sejauh ini pembuangan sampah di daerah yang belum memiliki TPA ini belum terkelola secara baik.

baca juga: Ketua KPU Pessel Sebut Kuliah Daring saat Pilkada Bisa Berdampak pada Peningkatan Partisipasi Pemilih

"Dengan luas 5 hektare ini akan bisa menampung sampai 10-15 tahun ke depan. Karena TPAnya juga dilengkapi dengan kolom penampung sampah seluas 1,5 hektare di seluas 5 hektare tersebut," pungkasnya kemudian.

[Kiki Julnasri Priatama]

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa