Mengenal Humanity Food Truck ACT

Humanity Food Truck (HFT) ACT tentuya hadir dan berdiri gagah di pusat Kota Palu, tepatnya di Jalan Kartini.
Humanity Food Truck (HFT) ACT tentuya hadir dan berdiri gagah di pusat Kota Palu, tepatnya di Jalan Kartini. (KLIKPOSITIF)

PALU, KLIKPOSITIF - Makanan cepat saji tentunya menjadi hal yang sangat bisa diandalkan saat ini mengisi kekosongan perut, terutama di kawasan bencana. Makanan cepat saji dengan kandungan gizi yang tetap terjamin tentunya akan menjadi prioritas dalam menyajikan makanan itu kepada masyarakat.

Humanity Food Truck (HFT) ACT tentuya hadir dan berdiri gagah di pusat Kota Palu, tepatnya di Jalan Kartini. HFT sendiri hadir di kota ini sejak 21 Oktober 2018 lalu. Dalam beberapa hari belakangan, HFT memasak kurang lebih 1000 hingga 1500 makanan siap saji. Makanan itu di distribusikan kepada pengungsi yang ada di
pengungsian-pengungsian.

baca juga: ACT Sumbar Berangkatkan Kapal Ramadhan Mentawai, Isinya Bantuan untuk Mualaf di Siberut Selatan dan Sikakap

Koordinator HFT ACT, Firdaus mengatakan food truck mendapat respon baik bagi masyarakat sekitar. Namun hal itu perlu kontrol yang baik juga dari pihak ACT sendiri. "Awalnya kita merencanakan untuk memasak langsung di lokasi pengungsian, namun setelah melihat situasi di lapangan, hal itu tidak memungkinkan
bagi kita untuk memasak disana," katanya di lokasi HFT berdiri.

Kendala di lapangan yang dihadapi oleh tim yakni dari ketersediaan air bersih dan keamanan untuk memasak di lapangan. "Air masih jadi kendala untuk memasak di lapangan. Air bersih masih belum lancar untuk memasak hingga saat ini. Selain itu, faktor keamanan menjadi bagian yang juga masih jadi perhatian bagi kami untuk masak di lapangan. Makanya kita putuskan saja memasak disini," tuturnya.

baca juga: Pemko dan Warga Padang Salurkan Donasi Rp375 Juta untuk Bangun Masjid di Sulbar

Dikatakannya, untuk memasak, pihaknya diperkuat oleh kurang lebih sepuluh relawan yang bertanggungjawab soal HFT. "Selain itu, terkadang juga ada warga sekitar yang membantu pihaknya dalam memasak makanan yang akan di distribusikan nantinya untuk relawan," katanya.

Sementara itu, Chef Joni, orang yang dipercaya mengenai rasa yang dimasak HFT mengaku setiap harinya, dia dan tim HFT memasak enam item makanan untuk didistribusikan kepada warga Palu.

baca juga: Bantuan Masyarakat Sumbar: ACT Bangun Masjid Minang Dermawan untuk Korban Bencana Sulbar

"Nasi, Chicken Black Pepper, olahan telur, menu pendamping, sayuran, dan sambal. Enam menu itu kami masak setiap hari yang disajikan dalam 1000 hingga 1500 bungkus makanan siap saji," katanya.

Makanan siap saji tersebut didistribusikan dengan mobil yang lebih kecil ke titik pengungsi yang ada di Kota Palu. Sejak berada di Kota Palu, HFT sudah berjalan ke daerah Duyu, di lapangan tempat pembangunan ICS, yang ada di Kecamatan Palu Barat. Selain itu, nantinya HFT juga akan hadir saat peletakan batu pertama ICS di Sigi Biromaru pada 3 dan 4 November mendatang.

baca juga: Raih Pahala Ramadan dengan Gerakan Kebaikan Tanpa Batas

Penulis: Fitria Marlina