TRC Semen Padang Evakuasi Dua Mayat Balita di Sigi

Relawan TRC Semen Padang bersama TNI, Basarnas dan Pusdalops BNPB mengevakuasi mayat balita yang ditemukan di kawasan Perumnas Balaroa, Kabupaten Sigi. Sabtu, 6 Oktober 2018.
Relawan TRC Semen Padang bersama TNI, Basarnas dan Pusdalops BNPB mengevakuasi mayat balita yang ditemukan di kawasan Perumnas Balaroa, Kabupaten Sigi. Sabtu, 6 Oktober 2018. (ist)

PADANG, KLIKPOSITIF - Relawan Tim Reaksi Cepat (TRC) yang dikerahkan PT Semen Padang untuk melakukan misi kemanusiaan ke lokasi bencana gempabumi dan tsunami yang memporak-porandakan Palu, Donggala dan Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), berhasil menemukan dua mayat balita.

Setelah ditemukan, TRC Semen Padang bersama TNI, Basarnas dan Pusdalops BNPB, kemudian mengevakuasi kedua mayat balita berjenis kelamin laki-laki yang ditemukan di kawasan Perumnas Balaroa, Kabupaten Sigi itu, ke tempat pengumpulan mayat untuk seterusnya dibawa ke rumah sakit.

baca juga: Semen Padang Hijaukan Area Green Belt

"Kedua mayat itu setelah kami temukan, dibawa ke rumah sakit untuk diidentifikasi," kata Koordintar TRC Semen Padang untuk misi kemanusian, Marsudi saat dihubungi KLIKPOSITIF .com via handphone dari Padang, Sabtu, 6 Oktober 2018 malam.

Disebutkannya, kedua mayat balita itu ditemukan di dua lokasi berbeda, namun masih di kawasan Perumnas Balaroa. Satu mayat, kata Marsudi, ditemukan di reruntuhan bagunan yang roboh diguncang gempa. Sedangkan yang satu lagi, ditemukan terjepit mobil.

baca juga: Digelar Virtual dan Sederhana, HUT ke-62 Pengangambilalihan Semen Padang Tetap Meriah dan Penuh Makna

"Kedua mayat itu kami temukan dalam rentang pukul 11.00-12.00 WITA. Selain mengevakuasi kedua mayat balita tersebut, kami bersama rombongan dari Basarnas, Pusdalops BNPB, dan TNI, tadi siang juga menyisiri beberapa daerah base camp untuk mencari korban yang masih hilang," ujarnya.

Saat ini, sebut Marsudi, masih banyak korban bencana yang belum ditemukan. Minggu besok, TRC Semen Padang bersama Pusdalops BNPB, Basarnas, TNI dan sejumlah relawan kebencanaan lainnya, akan kembali melakukan pencarian dengan menyisiri reruntuhan bangunan yang ambruk diguncang gempa.

baca juga: Persiapan HUT ke-62 Pengambilalihan Semen Padang Rampung, Kegiatan Diawali Senam Virtual

Sebelumnya, PT Semen Padang merasa prihatin dan terpanggil untuk ikut serta melakukan penanggulangan bencana dengan mengirim relawan Tim Reaksi Cepat (TRC) ke Palu. Pengiriman relawan itu dilepas oleh Direktur Utama PT Semen Padang , Yosviandri di Ruang Rapat Kantor Pusat PT Semen Padang , Selasa, 2 Oktober 2018 malam.

Pada pelepasan tersebut, turut hadir Direktur Operasional Firdaus, Direktur Keuangan, Tri Hartono Rianto, Kadep Komunikasi Perusahaan, Oktoweri, Kabiro Komunikasi & Umum, Nur Anita Rahmawati, Kabiro CSR, Muhamad Ikrar, dan Staf Komunikasi Hardi Andri.

baca juga: SPIE 2020, Semen Padang Ajak Inovator Implementasikan Internet Of Things

Koordinator TRC Semen Padang Kiki Warlansyah mengatakan, relawan yang dikirim ke lokasibencana merupakan relawan yang memiliki kemampuan Urban SAR dan Vertical Rescue yang telah disertifikasi.

Selama berada di lokasi bencana, para relawan nantinya akan bergabung dengan Basarnas dan Pusdalops BNPB, serta tim dari PT Semen Tonasa untuk melakukan pencarian terhadap korban yang masih hilang, dan ikut ambil bagian untuk mengevakuasi, serta melakukan penanganan para pengungsi.

"Tim relawan yang kami berangkatkan itu akan berada di Palu selama masa tanggap darurat, yaitu sampai 11 Oktober mendatang. Mereka terdiri dari Marsudi sebagai koordinator tim, dengan anggotanya Safarudin, Rathomy Andika, Herwan Nazar, Indra YB, Syaiful Amrie, dan Tomi Darma," katanya.(*)

Penulis: Riki S