"Memory Pahit" Piala AFF U-15 2017 Bayangi Langkah Timnas U-16 Menuju Piala Dunia

Pemain Timnas Indonesia U-16
Pemain Timnas Indonesia U-16 (PSSI)

KLIKPOSITIF -- Timnas Indonesia U-16 bersiap hadapi Australia U-16 pada perempat final Piala Asia U-16 2018 di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, Senin (1/10/2018). Laga ini sangat penting bagi sejarah sepakbola Indonesia .

Sebagaimana diketahui, jika Timnas Indonesia U-16 bisa mengalahkan Australia, maka akan otomatis lolos ke Piala Dunia U-17 2019 di Peru.

baca juga: Liga Spanyol pekan ke-36, Real Madrid Diambang Juara

FIFA memberikan empat slot kepada empat negara yang masuk ke semifinal Piala Asia U-16 2018 untuk jadi peserta Piala Dunia U-17.

Garuda Asia, julukan Timnas Indonesia U-16, optimistis menatap laga melawan Australia. Meski lawan yang dihadapi tidak mudah, David Maulana dan kawan-kawan sama sekali tidak gentar.

baca juga: Ini Hasil Swab Warga yang Kontak dengan Pasien Positif Corona ke 20 di Agam

"Semua pemain dalam kondisi bagus, tidak ada masalah. Mereka semua tidak gentar menghadapi Australia," kata Pelatih Timnas Indonesia U-16 Fakhri Husaini.

Namun, Indonesia memiliki pengalaman buruk saat berhadapan dengan Australia. Pasukan Merah Putih pernah takluk dari Australia dengan skor 3-7 di Piala AFF U-15 2017 yang digelar di Thailand.

baca juga: DPR Minta Pemerintah Tertibkan Importir Alkes Penanganan COVID-19

Fakhri menilai kekalahan itu jadi modal yang sangat berharga. Pelatih berusia 53 tahun ini pun menjadikan pertandingan tersebut sebagai laga final.

"Piala AFF U-15 2017 itu modal berharga dan pelajaran buat kami. Melawan Australia seperti laga final buat kami," tambah Fakhri.

baca juga: Potensi Pasar Besar, Menperin Dorong Industri Komponen Sepeda Dibangun di Dalam Negeri

Sama halnya dengan Indonesia , Australia dipastikan bakal tampil habis-habisan demi satu tiket ke Piala Dunia U-17 Peru.

Pelatih Australia Trevor Morgan cukup optimistis mampu mengalahkan Garuda Asia karena memiliki modal yang bagus.

Namun, Trevor tetap mengingatkan anak asuhannya untuk waspada. Sebab, menurutnya Timnas Indonesia U-16 bermain sangat baik di turnamen kali ini.

"Dalam setiap pertandingan kami bisa menang dan kami siap untuk meraih kemenangan. Kami sangat siap menghadapi Indonesia ," ujar Morgan. (*)

Sumber: Suara.com

Penulis: Eko Fajri