Gelombang Pengungsi Gempa Palu Mulai Padati Lanud Hasanuddin

dampak gempa dan Tsunami di Sulawesi Tengah
dampak gempa dan Tsunami di Sulawesi Tengah (ACT)

KLIKPOSITIF -- Gelombang pengungsi dari Kota Palu, Sulawesi Tengah terus berdatangan di Pangkalan Udara TNI Angkatan Udara (Lanud) Sultan Hasanuddin, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.

Tercatat hingga Senin (1/10/2018) pagi, jumlah pengungsi yang tiba di Lanud Hasanuddin menggunakam pesawat Hercules, sudah mencapai lebih dari 1.700 orang. Mereka merupakan warga Kota Palu maupun luar Palu yang sengaja mengungsi ke Makassar, maupun yang hanya transit sebelum ke sejumlah daerah lain.

baca juga: Jelang Lebaran, Wisma Atlet Rawat 1.247 Pasien Covid-19

Kepala Penerangan dan Perpustakaan Lanud Hasanuddin Mayor (Sus) Heny Purwani mengatakan, jumlah pengungsi yang keluar dari wilayah gempa melalui Lanud Hasanuddin terus bertambah.

Pada hari pertama atau Sabtu pekan kemarin, jumlah warga Palu maupun luar Palu yang mengungsi mencapai 380 orang. Kemudian pada hari Minggu, bertambah sekitar 1.100 orang. Jumlah itu terus meningkat hingga hari ini.

baca juga: Ini Tips Lebaran Tetap Aman Ditengah Pandemi dari WHO

"Hari ini terus berlanjut penerbangan Hercules pergi dan yang pulang. Sampai tadi pagi sudah mencapai kisaran lebih 1.700 orang," ujar Heny saat ditemui di Lanud Hasanuddin, dilansir dari Suara.com jaringan KLIKPOSITIF .com.

Kebanyakan pengungsi yang tiba di Lanud Hasanuddin langsung melanjutkan perjalanan ke sejumlah daerah dengan pesawat komersil. Sementara lainnya menumpang di rumah kerabat di Kota Makassar, Gowa dan sekitarnya.

baca juga: Ini 5 Pemain yang Posisinya Tidak Akan Tergeser dari Skuad Timnas Ditangan Shin Tae-yong

Sedangkan puluhan pengungsi lainnya ditempatkan di Asrama Haji Sudiang, Kota Makassar. Puluhan lain masih dirawat di sejumlah rumah sakit di Makassar, seperti RSUP Wahidin Sudirohusodo, RS Sayang Rakyat, RS Siloam, RSUD Daya, dan RS TNI AU Dony Sardjoto. (*)

Penulis: Eko Fajri