Sumbar Jadi Satu-satunya Provinsi Berkesempatan Promosi ke Cina dalam Hal Ini

Gubernur Irwan Prayitno saat melayani pengunjung Caexpo yang singgah ke booth Sumbar.
Gubernur Irwan Prayitno saat melayani pengunjung Caexpo yang singgah ke booth Sumbar. (instagram)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan, Sumbar menjadi satu-satunya provinsi yang mendapat kesempatan promosi budaya di Cina dalam kegiatan pada ajang The 15th Cina, Asean Expo Cina (Caexpo), Asean Busineess and Invesment Summit yang dilaksanakan di Nanning, Guangxi, RRT.

"Tahun ini hanya kita dipercayakan oleh Kementerian Perdagangan untuk promosi budaya di Cities of Charm Cina. Pada kunjungan beberapa hari yang lalu telah selesai dilaksanakan," sebut Irwan, Selasa 18 September 2018.

baca juga: Irwan Prayitno: Perlu Sinergsitas Anggaran Pusat dan Daerah untuk Infrastruktur Darat

Dijelaskannya, Cities of Charm adalah sebuah tempat yang disediakan untuk beberapa negara untuk promosi budaya. Kemudian, Sumbar mengisi dengan ikon kebudayaan seperti Jam Gadang, Rumah Adat, Songkek dan beberapa khas Minangkabau lainnya.

"Ini bentuk promosi kita di Cina. Tahun sebelumnya ada beberapa provinsi yang terlibat, tahun ini khusus kita saja. Kami juga jualan di paviliun yang disediakan panitia," ujarnya.

baca juga: Program Pasangan Mulyadi-Ali Mukhni: Bersihkan Sumbar dari LGBT

Sumbar juga berkesempatan presentasi di Cina potensi investasi. Dari persentasi tersebut ada beberapa investor yang mengaku berminat untuk investasi di lembah anai, resort, pariwisata ada yang berminat di beberapa pulau di Pesisir Selatan.

"Kami langsung bertemu dengan orang yang berminat investasi. Setelah ini akan ada tindakan lanjutnya," tukasnya.

baca juga: Kisah Azwardi Merawat Tiga Anaknya yang Mengalami Karapuhan Tulang Semenjak Bayi

Sebelumnya Gubernur Sumbar Irwan Prayitno bersama rombongan investasi berkesempatan mengikuti kegiatan di Cina dengan dipasilitasi Kementerian Perdagangan Indonesia dari 12 sampai 15 September 2018.

[Joni Abdul Kasir]

baca juga: Beritakan Nasrul Abit Keturunan Partai Komunis, Pimred Akurat.co Minta Maaf

Penulis: Agusmanto