Kapal Kemanusiaan Lombok Bertolak dari Pelabuhan Teluk Bayur Padang

Acara seremonial pelepasan bantuan kemanusiaan untuk Lombok
Acara seremonial pelepasan bantuan kemanusiaan untuk Lombok (Humas Pemko Padang)

PADANG , KLIKPOSITIF -- Lembaga Kemanusian ACT (Aksi Cepat Tanggap) Sumatera Barat bekerjasama dengan PT.Pelindo II mengirimkan ' Kapal Kemanusiaan Lombok ' yang mengangkut bantuan logistik seberat 22 ton, Senin 10 September 2018. Kapal itu bertolak dari Pelabuhan Teluk Bayur Padang .

Bantuan logistik itu diantaranya berupa rendang, bahan makanan, pakaian baru, pakaian layak pakai, perlengkapan sanitasi, selimut, serta kebutuhan pokok lainnya, yang telah dikumpulkan dari masyarakat Sumatera Barat untuk korban gempa di Lombok.

baca juga: ACT Gelar Diskusi Bersama MRI, Bahas Peran Penting Para Relawan dalam Aktivitas Sosial

“Untuk logistik, ini yang pertama kali kita kirimkan ke lombok secara besar-besaran. Bantuan ini berasal dari semua kalangan," ujar Marketing ACT Sumatera Barat, Zeng Wellf.

Menurutnya, selain bantuan dari pemerintah, juga ada bantuan yang dikumpulkan dari 200 komunitas. ”Mereka melakukan penggalangan dana dikumpulkan melalui ACT, dan dana tersebut kita jadikan logistik,” tutur Zeng.

baca juga: Pemko Padang Pastikan Sekolah Tatap Muka Awal 2021

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial, Amasrul mengatakan, saat ini masyarakat Kota Padang juga tengah mengumpulkan dana untuk Lombok.

"Sampai hari ini sudah terkumpul dana sebanyak Rp1,2 Milyar. Berdasarkan kesepakatan bersama, dana yang terkumpul dari donasi-donasi dari hamba Allah itu, akan dipergunakan untuk membangun kembali Madrasah Syamsul huda yang berada di Lombok Utara, tepatnya di Desa Gangga, karena sekolah di sana sudah hancur merata karena gempa," ulas Amasrul. (rel.*)

baca juga: Kepolisian Pessel Kejar Pelaku Jambret Hingga Kota Padang, Seorang Remaja Diamankan

Penulis: Iwan R