Cemilan Tradisional Pessel Ini Disukai Peserta Munas BUMNag se-Indonesia

Kue Putu Kambang
Kue Putu Kambang (Ist)

PESSEL , KLIKPOSITIF -- Forum Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag) Kabupaten Pesisir Sepatan memanjakan selera pesera Musyawarah Nasional (Munas) Forum BUM Desa se Indonesia, di TPI Carocok, Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat dengan cemilan khas daerah setempat, Selasa 28 Agustus 2018.

Cemilan Pesisir Selatan yang paling khas diburu peserta Munas BUMDes Indonesia, diantaranya kue putu kambang. Selain itu, juga ada raga-raga lapis dan gulai ikan karang hidangan makan untuk para peserta.

baca juga: Pulang dari Ladang, Petani di Pessel Diserang Beruang Madu

Ketua Forum BUMNag atau BUMDes Kabupaten Pesisir Selatan Didi Someldi Putra mengaku, pada kesempatan Munas BUMDes, Forum BUMNag Pesisir Selatan sengaja menghidangkan menu makanan khas daerah tersebut. Sebab, selain memiliki ciri khas, Forum BUMNag Pesisir Selatan juga ingin memperkenalkan hidangan tersebut ke daerah lain.

"Makanya untuk menyambut kedatangan peserta Munas BUMDes kami siapkan menu makanan khas Pesisir Selatan yang selama ini cukup disukai banyak masyarakat. Serta, sejumlah wisatawan dan tetamu yang pernah datang ke Pesisir Selatan," ujar Didi Someldi Putra pada KLIKPOSITIF .

baca juga: Dukung Percepatan Vaksin Nasional, Bupati Pessel Gencarkan Sosialisasi

Menurutnya, beberapa cemilan khas Pessel tersebut saat ini cukup sulit ditemui di daerah lain.

"Jadi jika peserta Munas datang lagi ke Pesisir Selatan, tentu para peserta tau dengan sendiri kudapan apa yang akan dicari. Selain itu, apa yang dinikmati menjadi cerita di daerah masing-masing, kalau Pesisir Selatan tidak hanya indah dengan alamnya. Tapi, juga dengan makanan khas daerah," jelasnya.

baca juga: BIN Sasar Perkampungan Nelayan Untuk Vaksinasi Masyarakat di Pesisir Selatan

Salah seorang peserta Munas dari Maluku, Lenjie mengaku sangat menyukai dengan kuliner Pesisir Selatan, apalagi untuk pertama kali mencicipinya. Sebab, hidangan tersebut tidak hanya unik dari bungkusnya, namun, juga membuat lidah greget.

"Bangga bisa merasakan menu kudapan di Pesisir Selatan. Sebab, selain unik, rasanya juga enak, seperti putu kambang dan raga-raga lapis, ditambah gulai ikan karang, yang sulit juga dicari di daerah lain," pungkasnya.

baca juga: Pengamat Sosial Sebut Putusan PK Bupati Pessel Pertaruhan Legitimasi hukum dan Upaya Mewujudkan Keadilan Sosial

[Kiki Julnasri Pritama]

Penulis: Rezka Delpiera