Wamenlu Kunjungi Pengungsi dari Rakhine State

Wakil Menteri Luar Negeri RI, DR. AM Fachir berdialog dengan pengungsi
Wakil Menteri Luar Negeri RI, DR. AM Fachir berdialog dengan pengungsi (kemenlu)

KLIKPOSITIF -- “Salam hangat serta doa tulus dari masyarakat Indonesia kepada saudara-saudara di Kutupalong,” ujar Wakil Menteri Luar Negeri RI, DR. AM Fachir, memulai interaksi langsung dengan pengungsi dari Rakhine State di Camp Kutupalong, Cox’s Bazar, Bangladesh (4/5) lalu.

Dalam kunjungan tersebut, Wamenlu Fachir mendengarkan langsung berbagai tantangan dan permasalahan yang dialami para pengungsi .

baca juga: 3.448 Orang Positif Covid dan 99 Orang Meninggal di Hari Lebaran

Wamenlu Fachir meminta para pengungsi untuk terus berpikir positif dan memanfaatkan waktu di penampungan dengan berbagai kegiatan yang bermanfaat.

"Saling berbagi pengalaman dan keahlian, terus menjalin silaturahmi di antara pengungsi dan relawan merupakan kegiatan positif yang bisa dilakukan," ujarnya.

baca juga: Ustaz di Agam Meninggal Saat Khotbah Salat Idul Fitri

Usai kunjungan tersebut, Wamenlu Fachir juga bertemu anggota Indonesian Humanitarian Alliance (IHA) yang tengah melaksanakan misi kemanusiaan di Cox Bazar.

Wamenlu Fachir menyampaikan apresiasi atas dedikasi IHA selama ini. "Kerja nyata serta kolaborasi IHA dengan pemerintah Indonesia di penampungan pengungsi tampilkan wajah diplomasi kemanusiaan Indonesia yang aktif dan kontributif," tutur Wamenlu Fachir.

baca juga: Sentil Para Buzer, Rocky Gerung: Apakah Ini yang Disebut Sebagai Revolusi Mental?

Dalam catatan Kementerian Luar Negeri, beberapa kebutuhan yang perlu disediakan bagi pengungsi Rakhine State, meliputi bantuan pangan, sanitasi, dan air bersih, serta asupan gizi utamanya bagi ibu dan anak, dan pendidikan. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Pemerintah masih terus menjalin komunikasi dengan berbagai organisasi sosial dan kemanusiaan di Indonesia.

Kunjungan Wamenlu RI ini dilakukan disela-sela penyelenggaraan KTM ke-45 OKI. Dubes RI di Dhaka dan Dirjen Multilateral Kemlu RI ikut serta dalam kunjungan tersebut. (*)

baca juga: 2 Kali Lebaran Tidak Mudik, dr Tirta: Syukurilah yang Masih Bisa Sungkem ke Bapak Ibu

Sumber: Kemlu RI‚Äč

Penulis: Eko Fajri