Dukung Program Wanita Peduli Sampah, Semen Padang Serahkan Peralatan Pengelolaan Sampah

Direktur Keuangan PT Semen Padang Tri Hartono Rianto (kiri) menyerahkan peralatan pengelolaan sampah kepada Gubernur Sumbar Irwan Prayitno
Direktur Keuangan PT Semen Padang Tri Hartono Rianto (kiri) menyerahkan peralatan pengelolaan sampah kepada Gubernur Sumbar Irwan Prayitno (ist)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Untuk mewujudkan Sumatera Barat Bebas Sampah 2020, PT Semen Padang sebagai perusahaan yang telah dua kali berturut-turut mendapatkan penghargaan PROPER Hijau dari Kementerian Lingkungan Hidup, menyerahkan bantuan peralatan pengelolaan sampah kepada Pemerintah Provinsi Sumbar .

Bantuan peralatan pengelolaan sampah itu, diserahkan Direktur Keuangan PT Semen Padang , Tri Hartono Rianto dan diterima oleh Gubernur Sumbar , Irwan Prayitno , didampingi Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP- PKK ), Nevi Irwan Prayitno , di Batu Sangkar, Tanah Datar, Selasa, 6 Maret 2018.

baca juga: Surfa Yondri Dinobatkan Jadi Tokoh Keterbukaan Informasi Publik, PNP Jawaranya untuk Kategori PTN dan PTS

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan, peralatan sampah yang diserahan Semen Padang ini, merupakan bagian dari program Wanita Peduli Sampah , karena Pemprov Sumbar bersama TP PKK dan perusahaan PROPER, telah bersinergi untuk mewujudkan Sumatera Barat Bebas Sampah 2020.

"Tidak hanya Semen Padang saja yang dilibatkan, perusahaan PROPER lainnya yang ada di Sumbar juga turut dilibatkan dalam program Wanita Peduli Sampah ini," kata Irwan Prayitno usai menerima peralatan pengelolaan sampah dari PT Semen Padang .

baca juga: Satu-Satunya Kepala Daerah, Irfendi Arbi Jadi Tokoh Inspiratif Keterbukaan Informasi Publik

Program Wanita Peduli Sampah ini digulirkan, sebut Irwan, karena sampah merupakan salah satu isu pokok yang harus dikelola dengan baik. Apalagi setiap harinya di Sumbar , diperkirakan timbul 2,400.000 kilogram sampah . Dari jumlah terebut, baru 12 persen yang sudah dikelola masyarakat sebelum dibuang ke tempat pengelolaan akhir (TPA).

"Selain itu, dari studi dan evaluasi, ibu-ibu rumah tangga diyakini sebagai ujung tombak pengelolaan sampah dari hulu sebelum sampah sampai ke TPA. Program ini sangat diyakini dapat mewujudkan Sumatera Barat Bebas Sampah 2020, apalagi adanya kalaborasi antara Pemprov Sumbar dengan TP PKK dan CSR Perusahaan PROPER," ujarnya.

baca juga: MTQN ke 28, Gubernur Sumbar Sampaikan Terima Kasih Kepada Semua Terlibat

Sementara itu, Direktur Keuangan PT Semen Padang , Tri Hartono Rianto mengatakan, bantuan peralatan pengelolaan sampah ini diberikan, karena sudah menjadi kewajiban perusahaan terhadap lingkungan, dan ini diatur oleh Peraturan Pemerintah No 47 tahun 2012 tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perseoran Terbatas.

"Tanggung jawab sosial dan lingkungan yang dimaksud, menjadi kewajiban bagi perseoran yang menjalankan kegiatan usahanya yang berkaitan di bidang sumber daya alam berdasarkan undang-undang," kata Tri Hartono.(*)

baca juga: Semen Padang Kembali Juara I Anugerah Keterbukaan Informasi Kategori BUMN/BUMD

Penulis: Riki