Batu Pertama Menhub Awali Pembangunan Terminal Tipe A di Padang

Menhub Budi Karya Sumadi melakukan peletakkan batu pertama pembangunan Terminal Tipe A kawasan Anak Aia Lubuk Buaya Kota Padang
Menhub Budi Karya Sumadi melakukan peletakkan batu pertama pembangunan Terminal Tipe A kawasan Anak Aia Lubuk Buaya Kota Padang (Humas Pemko Padang)

PADANG , KLIKPOSITIF -- Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan peletakkan batu pertama pembangunan Terminal Tipe A kawasan Anak Aia Lubuk Buaya Kota Padang , Jumat 9 Februari 2018.

"Adanya terminal di Kota Padang suatu keharusan mengingat kota ini penting dan menjadi tumpuan transportasi dari dan ke kota lain," kata Menhub.

baca juga: Beritakan Nasrul Abit Keturunan Partai Komunis, Pimred Akurat.co Minta Maaf

Budi Karya menilai, Wali Kota Padang cukup memahami perlunya penataan trasportasi sehingga menjadi program yang diunggulkan. Apalagi berbicara angkutan massal, hal itu sejalan dengan visi misi Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Menteri menjamin pembangunan terminal akan berjalan lancar. Bahkan disampaikannya melalui sebuah pantun. "Tidak perlu khawatir dana tidak cukup, pembangunan terminal pasti lancar," tutupnya.

baca juga: Atasi Sampah di Pantai Air Manis, PT PSM Berencana Buat Paving Block dari Sampah Plastik

Pada kesempatan yang sama Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah menjelaskan, pembangunan terminal tipe A Anak Aia sudah direncanakan sejak lama, bahkan pada 2014 lalu lahannya sudah disiapkan. Namun karena perubahan regulasi pusat terkait terminal tipe A pembangunannya sempat tertunda.

"Pemko Padang sudah siapkan lahan seluas 4,5 hektare dan sudah diserahkan ke pusat 2,7 hektare pada 2016 agar segera dapat dibangunkan terminal tipe A karena dalam aturannya memang pusat yang bangun," terang Mahyeldi.

baca juga: Gempa Guncang Pagai Selatan Mentawai, Dirasakan Hingga ke Padang

Menurut Mahyeldi, terminal tipe A yang berlokasi di Anak Aia Kecamatan Koto Tangah ini dapat disinggungkan dengan jalur kereta api sehingga ada penyatuan dua moda. "Jalur kereta api yang ada saat ini memang tidak berjarak jauh dari lokasi bakal terminal ," jelasnya. (rel.*)

Penulis: Iwan R