Tipu Nasabah Bank di Mesin ATM Andalas Padang, Empat Warga Jambi Dibekuk Polisi

Pelaku saat diamankan polisi
Pelaku saat diamankan polisi (KLIKPOSITIF/Halbert Caniago)

PADANG , KLIKPOSITIF  -- Empat orang warga Jambi dibekuk setelah menipu salah seorang nasabah bank yang akan mengambil uang di mesin ATM (Anjungan Tunai Mandiri) Citra Swalayan Jalan Andalas, Kelurahan Anduring, Kecamatan Kuranji Kota Padang .

Empat orang pelaku itu dibekuk setelah melancarkan aksinya di lokasi tersebut pada Sabtu 3 Februari 2018 sekitar pukul 11.30 WIB. Pelaku itu  diketahui bernama Meri Kando (29), Muhtadin (27), Indra Gunawan (31) dan Herwin Sanjaya (31).

baca juga: Kadis Perdagangan Kota Padang Ajak Masyarakat Tidak Beli BBM Eceran di Pinggir Jalan

Peristiwa ini berawal saat korban bernama Joni Syahrial datang ke mesin ATM Bank Mandiri di Citra Swalayan Jalan Andalas.

"Saat saya coba memasukkan, kartu ATM saya tidak mau masuk dan saya berniat mencari mesin ATM lain," ujarnya.

baca juga: Amankan Libur Lebaran, Dishub Padang Buat Posko Mobile

Mendadak, ada empat pria yang datang dan salah seorang diantaranya yang belakangan diketahui bernama Meri Kondo meminta korban kembali mencoba memasukan kartu ATM-nya ke mesin tersebut.

"Saat itu mereka bersedia membantu saya untuk memasukkan kartu ATM tersebut," lanjutnya.

baca juga: MUI Padang Akan Umumkan Keputusan Salat Idul Fitri Berjamaah Dalam Tiga Hari Kedepan

Namun ternyata itu hanya tipuan saja. Setelah korban memberikan kartu ATM, pelaku lalu mengambil dan menukarnya dengan kartu ATM lain.

Sadar ditipu, korban mencegat salah seorang pelaku sambil berteriak 'maling'. Warga sekitar yang berada di lokasi kejadian kemudian berdatangan. Satu pelaku ditangkap setelah menjadi bulan-bulanan warga, sementara tiga lainnya melarikan diri dengan mobil. 

baca juga: Tak Ada Anggaran, Pemko Padang Tidak Lakukan Penyekatan di Perbatasan

Namun tak berselang lama, polisi berhasil membekuk tiga pelaku yang kabur itu di kawasan Piai, setelah terlibat aksi kejar-kejaran.

[Halbert Caniago]

Penulis: Iwan R