Kota Solok Akan Jadi Salah Satu Destinasi Pembelajaran Inovasi

Wako Solok, Zul Elfian saat menghadiri launching IPIPP dan Forum Replikasi Inovasi di Kantor LAN RI.
Wako Solok, Zul Elfian saat menghadiri launching IPIPP dan Forum Replikasi Inovasi di Kantor LAN RI. (Humas dan Protokol Pemko Solok)

SOLOK KOTA , KLIKPOSITIF - Penunjukan Kota Solok sebagai satu-satunya Laboratorium inovasi daerah di Sumatera Barat (Sumbar) oleh pihak LAN-RI, diyakini bakal menempatkan daerah yang berjuluk Kota Beras itu sebagai salah satu destinasi pembelajaran inovasi bagi daerah lain.

Peluang ini harus mampu dimanfaatkan Pemerintah Kota (Pemko) Solok secara maksimal. Betapa tidak, kota hasil pemekaran Kabupaten Solok 47 tahun silam ini bisa dibilang sudah menjadi acuan bagi daerah lainnya di Sumatera Barat, dalam melahirkan berbagai inovasi peningkatan pelayanan publik.

baca juga: Pemko Solok Fasilitasi Bantuan Studi Kuliah di Timur Tengah

Selain mengharumkan nama Kota Solok ke pentas Nasional, melalui penghargaan Inagara Award beberapa waktu lalu, Predikat Laboratorium Inovasi daerah juga diharapkan mampu membawa virus perubahan dalam cara dan pola berpikir ASN.

"Menjawab tantangan reformasi birokrasi, ASN di masing-masing OPD mampu melahirkan ide-ide dan gagasan menjadi inovasi dalam peningkatan pelayanan terhadap masyarakat," ungkap Wali Kota (Wako) Solok , Zul Elfian sepulang dari launching IPIPP dan Forum Replikasi Inovasi di Kantor LAN-RI.

baca juga: Gebyar Vaksin, Cara Kota Solok Wujudkan Herd Immunity

OPD jangan ragu-ragu berinovasi, sepanjang tidak bertentangan dengan peraturan dan regulasi hukum yang ada, ini mesti dilanjutkan. Jangan menunggu perintah, atau hanya terperangkap pada program-program kerja lama.

Penunjukan Kota Solok sebagai satu dari lima Laboratorium inovasi daerah di wilayah Sumatera, tidak bisa dilepaskan dari kinerja baik OPD yang ada. Bahkan, keseluruhan OPD Pemko Solok mampu menelurkan 158 inovasi dalam bidang pelayanan publik.

baca juga: Tingkatkan Perekenomian Masyarakat, Pemko Solok Teken MoU Dengan Pegadaian

Sementara itu, Wakil Wali Kota (Wawako) Solok juga sangat mengapresiasi langkah pendampingan yang dilakukan oleh Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI yang senantiasa membimbing Pemko Solok selangkah lebih maju dibanding daeah lain.

Upaya pihak LAN-RI, dalam menyebarkan virus-virus inovasi pelayanan publik sangat membantu Pemko Solok , dalam mendorong kinerja dan produktivitas masing-masing OPD. Dan muara dari semua ini tak lain untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.

baca juga: Ernawati, Kader Posyandu Berprestasi Kota Solok Dinilai Tim Provinsi

"Masing-masing OPD harus mampu melahirkan inovasi-inovasi brilian, solutif dan tentunya bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat secara lansung dan berkesinambungan," beber Reinier.

Target one Agency one innovation yang dicanangkan Kemenpan-RB mendorong masing-masing daerah menciptakan pemerintahan yang bersih dan akuntabel, mewujudkan birokrasi yang efektif dan efisien, dan melakukan peningkatan kualitas pelayanan publik melalui inovasi daerah.

[Syafriadi]

Penulis: Webtorial