6 Sebab Kanker Vagina yang Harus Diketahui Wanita

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIFPenyakit yang paling sering diderita wanita di seluruh dunia adalah kanker vagina. Kanker Vagina adalah tumor ganas pada vagina wanita. Vagina adalah saluran sepanjang 7,5-10 cm; ujung atasnya berhubungan dengan serviks (leher rahim/bagian terendah dari rahim), sedangkan ujung bawahnya berhubungan dengan vulva.

Berikut ini sebab munculnya kanker Vagina dilansir dari Womenhealth:

baca juga: Pandemi COVID-19, Momentum Transisi ke Energi Terbarukan

1. Konsumsi Alkohol Berlebih: 
Konsumsi alkohol meski bukan penyebab utama yang dapat meningkatkan resiko munculnya kanker rahim, namun sebuah penelitian menunjukkan bahwa wanita yang tidak mengkonsumsi alkohol tidak rentan terhadap penyakit ini. Jadi, mengurangi konsumsi alkohol adalah pilihan bagus untuk menghindari resiko terkena kanker rahim.

2. Merokok: 
Merokok juga merupakan faktor resiko penting penyebab penyakit ini. Studi menunjukkan, bahwa wanita yang merokok paling sering mengidap kanker vagina.

baca juga: Ahli Sebut Indonesia Gagal Kendalikan Wabah COVID-19, Kenapa?

3. Kanker Serviks: 
Wanita yang memiliki kanker serviks kemungkinan besar terkena kanker rahim juga. Sebab penyakit kanker serviks juga dihubungkan dengan kanker rahim, yakni akibat konsumsi banyak alkohol dan merokok.

4. Adenosis Vagina: 
Studi menunjukkan bahwa adenosis vagina meningkatkan risiko pengembangan sel kanker di vagina. Apa itu Adenosis? Dalam keadaan normal vagina dilapisi oleh sel gepeng yang disebut sel skuamosa. Pada sekitar 40% wanita yang telah mengalami menstruasi, pada vagina bisa ditemukan daerah-daerah tertentu yang dilapisi oleh sel-sel yang serupa dengan sel-sel yang ditemukan di dalam kelenjar rahim bagian bawah dan lapisan rahim. Keadaan ini disebut adenosis.

baca juga: Tahun Ajaran Baru Dimulai, Waspadai Klaster COVID-19 Baru

5. Human Papilloma Virus (HPV): 
HPV adalah virus penyebab kutil kelamin yang ditularkan melalui hubungan seksual. Virus ini sesuai dengan arti dari namanya yakni kutil, karena virus ini menyebabkan adanya sesuatu yang timbul yang disebut kutil. Ini bukan pertumbuhan kanker tapi bisa menjadi akar penyebab kanker vagina.

6. Iritasi Vagina: 
Meski iritasi vagina jarang dikaitkan dengan pertumbuhan kanker vagina, ada baiknya mengetahui beberapa fakta. Beberapa wanita memiliki rahim mereka yang kendur ke dalam vagina. Terkadang, iritasi kronis di daerah vagina pada wanita yang pessary bisa menyebabkan kanker vagina.

baca juga: WHO: Banyak Negara Salah Arah Tangani Virus Corona

7. Human Immuno-Deficiency Virus (HIV): 
Ada kemungkinan tinggi terkena HIV terkena kanker serviks, yang pada gilirannya dapat menyebabkan pertumbuhan kanker di vagina.

Penulis: Khadijah