Menteri Rini Bersihkan Sampah di Pantai Padang

Menteri BUMN Rini Soemarno bersama ribuan masyarakat Kota Padang membersihkan seluruh sampah yang berserakkan di Pantai Padang.
Menteri BUMN Rini Soemarno bersama ribuan masyarakat Kota Padang membersihkan seluruh sampah yang berserakkan di Pantai Padang. (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF BUMN Hadir Untuk Negeri kembali digelar di Kota Padang, Sumbar, Minggu, 15 Oktober 2017 pagi. Dalam kegiatan sosial bertajuk “Aksi Nyata Bersih-Bersih Pantai” itu, Menteri BUMN Rini Soemarno bersama ribuan masyarakat Kota Padang, TNI, pelajar, dan sejumlah pejabat beserta karyawan BUMN yang ada di Padang, membersihkan seluruh sampah yang berserakkan di Pantai Padang.

Total sampah yang terkumpul pada aksi bersih-bersih pantai yang dimulai sejak pukul 06.30 hingga 08.30 WIB tersebut, berjumlah sebanyak 43 ton. Sampah yang terkumpul kemudian dibawa petugas dan relawan kebersihan dari Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Padang menggunakan truk pengangkut sampah ke Tempat Penampungan Akhir (TPA) Lubuk Minturun, Kecamatan Koto Tangah, Padang.

baca juga: Semen Padang Kembali Juara I Anugerah Keterbukaan Informasi Kategori BUMN/BUMD

Menteri Rini kepada awak media menyebutkan bahwa, pembersihan Pantai Padang dari sampah ini dilakukan setelah adanya informasi dari sebuah media Nasional beberapa hari lalu. Kemudian, pihaknya berkoordinasi dengan Pemprov Sumbar dan Pemko Padang untuk membuat program "Bersih-Bersih Pantai" yang didukung oleh seluruh BUMN yang ada di Padang.

"Alhamdulillah, Aksi Nyata Bersih-Bersih Pantai ini berjalan lancar. Kami berterimakasih kepada seluruh BUMN , termasuk PT Semen Padang yang merupakan anak usaha BUMN di bawah Semen Indonesia yang dalam hal ini, sangat besar perannya. Untuk itu, masyarakat Sumbar harus berbangga dengan PT Semen Padang , karena perusahaan semen tersebut berada di Sumbar dan merupakan perusahaan semen pertama di Indonesia," kata Rini Soemarno.

baca juga: TKMPN 2020, Inovator PT Semen Padang Raih 4 Platinum dan 2 Gold

Rini pun berharap melalui Aksi Nyata Bersih-Bersih Pantai itu, maka ke depan masyarakat Kota Padang tidak lagi membuang sampah sembarangan, termasuk ke sungai, karena semua sumber sampah yang berserakan di Pantai Padang ini, berasal dari anak-anak sungai yang bermuara di Pantai Padang.

"Mudah-mudahan, ke depan tidak ada lagi sampah yang berserakan di Pantai Padang, sehingga masyarakat, termasuk parawisatawan yang datang berkunjung ke Pantai Padang, bisa betah berlama-lama. Apalagi, Kota Padang merupakan pintu gerbang para wisatawan yang berkunjung ke Sumbar," ujarnya.

baca juga: Dari Internalisasi AKHLAK; Insan Semen Padang Diharapkan Jadi "Brand Ambassador" Implementasi AKHLAK

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit mengaku berterimakasih kepada Menteri BUMN Rini Soemarno yang mengajak seluruh BUMN yang ada di Padang untuk membersihkan sampah di Pantai Padang yang akhir-akhir ini, dipenuhi sampah. "Sebenarnya kami malu dengan Menteri Rini, tapi ini akan jadi motivasi bagi kami, sehingga ke depan Pantai Padang tidak lagi dipenuhi sampah," katanya.(*)

Penulis: Riki