Indonesia Bertekad Tembus 10 Besar di Asian Games 2018

Asian Games 2018
Asian Games 2018 (istimewa)

KLIKPOSITIF -- Rakor koordinasi antara beberapa Kementerian untuk membahas Asian Games 2018 di Kantor Kemenko PMK, Jakarta menghasilkan beberapa kesepakatan. Salah satunya adalah pemanfaatan infrastruktur usai PON untuk ditempati sebagai venue pelatnas, yaitu Jakabaring, Palembang.

Sebelum membahas soal Asian Games, rapat yang juga dihadiri Menko PMK Puan Maharani, Menpora Imam Nahrawi, Ketua KOI Erick Thohir dan Ketua Satlak Prima Achmad Sutjipto lebih dulu membahas evaluasi SEA Games 2017. Seperti diketahui, kontingen Indonesia gagal memenuhi target 55 medali emas.

baca juga: Ditundukkan Chelsea, City Tunda Pesta Juara Liga Inggris

Menpora Imam Nahrawi menyampaikan rakor tersebut juga menghasilkan keputusan bahwa harus ada konsentrasi pada cabang-cabang yang berpotensi mendapatkan medali di Asian Games 2018 .

"Ada beberapa cabor yang tidak mungkin pindah ke Jakabaring seperti bulutangkis, sepeda, pencak silat dan voli. Nantinya disegerakan untuk diundang para perwakilannya untuk mendapatkan penjelasan," kata Imam setelah rakor.

baca juga: Daftar Pemain Semen Padang FC Bocor di Medsos, Ini Kata Manajer SPFC

Hal lain yang menjadi pembahasan adalah terkait penjenjangan. Harus ada sinkronisasi dan koordinasi lebih dalam lagi soal penyelenggaraan iven level Nasional yang dilaksanakan beberapa Kementerian terkait.

"Harus dijadwalkan secara jelas antara waktu dan tempat penyelenggaraannya agar tidak tumpang tindih. Pada saatnya, penjenjangannya harus lebih baik ke depannya," jelas Imam.

baca juga: Ikut Komentari Penampilan Rossi, Ini Kata Lorenzo

Asian Games akan digelar pada 18 Agustus hingga 2 September 2018. Total ada 462 nomor dari 40 cabor yang akan dipertandingkan. Kota yang ditunjuk sebagai tuan rumah adalah Jakarta dan Palembang. Pada pesta olahraga multievent antar negara Asia tersebut, Indonesia mematok target cukup ambisius.

Sebagai tim tuan rumah Asian Games 2018 , Indonesia bertekad menembus peringkat 10 besar. Pembahasan yang tak kalah penting adalah soal anggaran. Puan menyebut kegagalan di SEA Games 2017 tak lepas dari minimnya ketersediaan anggaran untuk melakukan pembinaan atlet dan belum adanya sinergi antarlembaga.

baca juga: Agus Suardi Janji Lakukan Hal Ini Jika Terpilih Sebagai Ketum KONI Sumbar

Puan meminta agar dilakukan evaluasi komprehensif kepada semua stakeholder yang terlibat dalam sistem keolahragaan nasional. Tujuannya agar perhelatan Asian Games dan Asian Para Games 2018 berlangsung jauh lebih baik.

"Saya harapkan semua stakeholder menindaklanjuti seluruh rekomendasi rakor hari ini untuk penyelenggaraan Asian Games 2018 yang lebih baik. Sementara untuk Asian Para Games 2018, agar INASGOC dan INAPGOC berkoordinasi dengan baik untuk mengefisiensikan anggaran yang dibutuhkan," ungkap Puan. (*)

sumber : bola.com

Penulis: Agusmanto