Waspadai 6 Gejala Anda Menderita Kanker Perut

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Kanker perut adalah jenis kanker yang menggerogoti lambung di dalam tubuh seseorang yang juga dikenal dengan kanker lambung.

Kanker perut bukanlah penyakit turunan / warisan, karena sebagian besar kanker perut bersifat sporadis (mutasi acak DNA). Meskipun ada mutasi genetik super langka yang terkait penyakit ini, namun hal itu tidak bisa dipercaya, kecuali memang dari silsilah keluarga mereka rata-rata menderita penyakit ini.

baca juga: Konsumsi Tomat Terbukti Tingkatkan Kesuburan Pria

Berikut adalah enam gejala kanker perut yang harus Anda ketahui:.

1. Darah pada Kotoran atau Muntahan
Gejala pasti dari kanker perut yakni adanya darah pada tinja atau muntah Anda. Warna darah pada tinja menunjukkan keadaan pada enzim pencernaan Anda, sedangkan darah dalam muntahan akan bewarna merah marun.

baca juga: Kabar Baik. Vaksin Moderna Disebut Aman dan Mampu Menginduksi Kekebalan

2. Nafsu Makan Segera Hilang
Saat Anda telah bersiap untuk makan dan mulai makan beberapa suap, tiba-tiba nafsu makan Anda menjadi hilang. Kenyang awal ini adalah gejala lain yang menunjukkan adanya kanker perut karena keadaan lambung dalam tubuh terkena tekanan. 

3. Bagian dalam Tubuh Sakit
Sakit perut ini tidak hanya satu hari saja Anda rasakan, karena sakitnya terjadi selama dua minggu kemudian hilang dan setelah itu kembali terasa sakit kembali dalam waktu yang tidak menentu.

baca juga: Benarkah Melahirkan Anak Pertama dengan caesar Mempersulit Kehamilan Selanjutnya? Ini Temuan Peneliti

4. Penurunan Berat Badan Tanpa Alasan
Kanker perut juga termasuk penyakit yang menyebabkan penurunan berat badan tanpa sebab. Jika seseorang kehilangan berat badan, sedangkan ia tidak tengah berdiet, hal itu patut diperhatikan.

5. Rasa Mulas yang Tidak Mau Berhenti
Rasa mulas adalah penyakit yang disebabkan oleh gangguan pada pencernaan dan juga gejala umum lainnya keadaan usus yang tidak sehat serta gejala kanker perut. Namun rasa mulas tidak selalu menunjukkan adanya kanker perut, tapi tetap harus diwaspadai.

baca juga: Pandemi COVID-19, Momentum Transisi ke Energi Terbarukan

6. Kembung, Diare, dan Sembelit
Kanker yang tumbuh di perut bisa membuat seseorang merasa kembung atau mengalami gangguan pencernaan. Jangan abaikan jika Anda kerap merasakan hal itu, karena orang biasanya membawa sepele penyakit ini.

Penulis: Khadijah