Hebat! Ternyata SD Bustanul Ulum Semen Padang Satu-satunya SD Peraih Adiwiyata Mandiri di Padang

SD Bustanul Ulum Semen Padang
SD Bustanul Ulum Semen Padang (net)

JAKARTA, KLIKPOSITIF -- SD Bustanul Ulum binaan CSR PT Semen Padang berhasil meraih penghargaan sekolah Adiwiyata Mandiri tahun 2017 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Rabu, (2/8). Selain SD Bustanul Ulum Semen Padang , pengharaan serupa juga diraih oleh sepuluh sekolah lainnya di Sumatera Barat.

Hebatnya, dari seluruh sekolah di Sumatera Barat yang menerima penghargaan Adiwiyata Mandiri tahun 2017 ini, SD Bustanul Ulum Semen Padang ternyata satu-satunya sekolah tingkat SD yang mewakili Kota Padang meraih Adiwiyata Mandiri, sedangkan sisanya merupakan SMP dan SMA.

baca juga: Pemko Padang Pastikan Sekolah Tatap Muka Awal 2021

"Ini luar biasa. Kami dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Padang mengapresiasi keberhasilan SD Bustanul Ulum ini," kata Pendamping Sekolah Adiwiyata Mandiri dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Padang , Yopi Eka Putra, Rabu (2/8).

Dijelaskannya, SD Bustanul Ulum Semen Padang sangat layak mendapatkan penghargaan Adiwiyata Mandiri, karena kepedulian SD Bustanul Ulum terhadap lingkungan hidup cukup tinggi. Bahkan, kata Yopi, untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup, sekolah ini rutin setiap hari menggelar kegiatan goro bersama.

baca juga: DPR: Pusat Jangan Lepas Tangan Terkait Pembukaan Sekolah

"Goro setiap hari ini tidak ada di sekolah mana pun di Kota Padang , kecuali SD Bustanul Ulum Semen Padang . Meskipun ada, paling sekali seminggu. Saya berharap apa yang dilakukan SD Bustanul Ulum semen Padang ini dipertahankan dan ditingkatkan untuk ke depannya," ujar Yopi.

Lebih lanjut Yopi membeberkan sepuluh sekolah yang mendapatkan pengharagaan Adiwiyata Mandiri 2017. Dari sepuluh sekolah tersebut, enam di antaranya merupakan sekolah yang ada di Kota Padang . "Rinciannya, SD Bustanul Ulum Semen Padang , SMP Negeri 25 Padang, SMA Negeri 11 Bungus Teluk Kabung, MTsN Duruian Tarung, MAN 1 Padang dan SMA Adabiayah 2," bebernya.

baca juga: Sekolah di Payakumbuh Akan Kembali Dibuka Mulai Rabu Ini

Yopi juga membeberkan persyaratak sekolah agar bisa meraih penghargaan Adiwiyata . Pertama, kata dia, sekolah harus ada aplikasi Adiwiyata berupa kurikulum tentang lingkungan hidup, kemudian rencana pelaksanaan pembelajaran atau silabus harus memuat tentang lingkungan hidup.

"Di samping punya aplikasi, hal-hal lainnya di lingkungan sekolah seperti WC, kantin juga harus bersih dan tertata rapi. Kalau semua itu terpenuhi, maka sekolah bisa mendapatkan penghargaan Adiwiyata ," ujarnya.(*)

baca juga: Kapan Mahasiswa Bisa Kuliah Ke Kampus Lagi? Ini Penjelasan Kemendikbud

Penulis: Riki