Anda Akan Dapatkan 8 Manfaat Ini dari Air Kelapa

Ilustrasi
Ilustrasi (Boldsky)

KLIKPOSITIF - Positifers, apakah Anda suka air kelapa? Mungkin air kelapa tak jarang Anda temui dan tak Anda ketahui manfaatnya.

Nah, dalam dunia kesehatan, air kelapa tidak diragukan lagi sebagai salah satu minuman alami yang menyegarkan dan penambah kesehatan. Buah kelapa memiliki kandungan yang menyehatkan seperti antioksidan, asam amino, enzim, vitamin B kompleks, vitamin C dan beberapa mineral lainnya seperti besi, kalsium, potassium, magnesium, mangan dan zat besi.

baca juga: Jika Berhenti Merokok, Ini yang Akan Terjadi Pada Tubuh Kita

Berikut ini ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapat jika minum air kelapa:

1. Ampuh Menghilangkan Rasa Haus:
Air kelapa dianggap minuman yang paling bagus untuk menghilangkan rasa haus. Ini karena kandungannya yaknikomposisi elektrolitik yang bisa kembali menyegarkan tubuh. Hal ini membantu dalam kasus dehidrasi dan kehilangan cairan akibat diare, muntah dan keluar keringat berlebih.

baca juga: DBD Jadi Penyakit yang Warus Diwaspadai, Ini Gejala yang Harus Anda Pahami

2. Menurunkan Tekanan Darah:
Air kelapa mengandung vitamin C, potasium dan magnesium yang membantu mengendalikan kadar tekanan darah tinggi. Kalium di dalamnya juga membantu menyeimbangkan efek negatif natrium dan juga membantu menurunkan kadar tekanan darah. Inilah salah satu manfaat kesehatan dari air kelapa.

3. Melindungi Jantung:
Air kelapa mengandung lemak dan bebas kolesterol dan juga menunjukkan efek perlindungan jantung. Ini membantu menurunkan kolesterol jahat dan juga meningkatkan kadar lipoprotein densitas tinggi, sehingga mengurangi risiko penyakit jantung.

baca juga: Minum Segelas Susu Setiap Hari, Ini Manfaat yang Akan Anda Rasakan

4. Meredakan Mabuk Karena Alkohol:
Alkohol membuat tubuh Anda terlalu dehidrasi sehingga membuat Anda mabuk parah. Air kelapa mengisi kembali elektrolit dalam tubuh dan meningkatkan hidrasi.

5. Menurunkan Berat Badan:
Air kelapa sangat ideal untuk menurunkan berat badan, karena mengandung kalori rendah dan mudah dicerna tubuh. Minuman ini juga mengandung enzim bioaktif yang membantu pencernaan, meningkatkan metabolisme lemak dan membantu menurunkan berat badan.

baca juga: Anda Sering Sendawa, Ini Kondisi Kesehatan yang Bisa Memicunya

6. Mengobati Sakit Kepala:
Sebagian besar sakit kepala dan bahkan migrain sebenarnya dipicu oleh dehidrasi. Air kelapa akan sangat membantu dalam menyediakan elektrolit untuk tubuh dan meningkatkan hidrasi. Karena kaya magnesium, air kelapa juga dapat membantu menghilangkan sakit kepala akibat migrain. Inilah salah satu manfaat minum air kelapa setiap hari.

7. Mengatasi Perut yang Sakit:
Gangguan perut terjadi akibat gangguan pencernaan. Hal itu bisa terjadi karena banyak sebab. Minum air kelapa membantu memberi kelegaan cepat terhadap hal ini dan juga membantu masalah perut lainnya.

8. Minuman Setelah Berolahraga:
Air kelapa mengandung sejumlah mineral dan mudah diserap tubuh. Oleh karena itu, minum ini setelah latihan Anda membantu mengisi kembali elektrolit, energi dan juga mencegah kerusakan otot.

Nah, itu adalah sejumlah manfaat jika Anda minum air kelapa. Namun apakah air kelapa baik diminum sat perut kosong? Sebenarnya tidak masalah jika Anda mengonsumsi air kelapa saat perut kosong. Karena hal ini akan memberi lebih banyak kekuatan pada sistem kekebalan tubuh Anda dan melindungi tubuh terhadap bakteri dan mikroorganisme lainnya.

Penulis: Khadijah