Pemekaran 4 Nagari di Dharmasraya Ini Tunggu Persetujuan Kada

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

DHARMASRAYA , KLIKPOSITIF -- Kepala Bagian (Kabag) Tatanan Pemerintah (Tapem) Pemkab Dharmasraya , Asril mengatakan, ada empat nagari yang telah memenuhi persyaratan secara administrasi untuk melakukan pemekaran .

"Tinggal persetujuan dan penandatangan surat keputusan dari kepala daerah. Jika sudah, tentu dapat segera direalisasikan," ungkap Asril, usai kegiatan pertemuan Asosiasi Wali Nagari (Aswana) Dharmasraya , awal pekan lalu di Sitiung.

baca juga: Jaga Lingkungan, TNI Gotong Royong Bersama di SMK 1 Koto Baru

Ke empat nagari itu diantaranya, Nagari Sungai Kambut, Nagari Sikabau, yang berada di Kecamatan Pulau Punjung. Nagari Koto Baru, di Kecamatan Koto Baru, dan Nagari Kurnia Selatan, yang berada di Kecamatan Sungai Rumbai.

"Yang sedang dalam proses pengajuan, Nagari Sialang Gaung. Baru sebatas laporan, administrasi serta ketentuan lain belum lengkap," kata Asril.

baca juga: Sutan Riska Harapkan Peranan Media Memberi Warna Baru Untuk Dharmasraya

Dijelaskannya, untuk melakukan pemekaran nagari, diperlukan persyaratan berupa kelengkapan administrasi yang meliputi luas wilayah, dan jumlah penduduk.

"Maksimal memiliki empat jorong, memiliki 4000 jiwa, atau 800 Kepala Keluarga. Dan yang lebih penting adalah musyawarah yang menghasilkan keputusan bersama, yang di dalamnya tentu ada pihak pemerintah nagari, Ninik Mamak, LPM, KAN, Bamus, dan tokoh masyarakat," ungkapnya.

baca juga: 112 CPNS di Dharmasraya Terima SK 100 Persen

[Cecep]

Penulis: Rezka Delpiera