Cidera Kepala Ringan Bahayakan Hubungan Anak-Orangtua

Ilustrasi.
Ilustrasi. (Net)

KLIKPOSITIF - Cidera otak traumatis ringan (TBI) pada anak--yang disebabkan oleh terjatuh, kecelakaan, mengalami pukulan atau sentakan di kepala-- dapat membahayakan hubungan anak dengan orang tua.

“Cedera kepala ringan yang umum pada anak-anak muda mungkin membawa risiko dalam perkembangan otak. Sehingga tim peneliti menyatakan bahwa efek psikologis dari cedera kepala tersebut tidak dapat diremehkan,” ungkap akademisi dari Ste-Justine Research Centre dan University of Montreal, Quebec, Kanada seperti di lansir Daily Mail.

baca juga: Ini yang Terjadi Pada Tubuh, Jika Kadar Gula Darah Berlebih

Penelitian itu dilakukan untuk menilai dampak sosial dan perkembangan akibat cedera kepala ringan pada 47 anak berusia di bawah lima tahun. Kelompok ini dibandingkan dengan kelompok anak-anak yang memiliki cedera ortopedi atau cedera tulang retak dan dengan kelompok anak yang tidak memiliki cedera sama sekali.

Peneliti juga mengamati cara anak dan orang tua mereka bermain dan berinteraksi selama 45 menit. Hasilnya secara keseluruhan tidak ada perbedaan signifikan terkait interaksi antara anak yang memiliki cedera ringan dengan anak yang mengalami cedera ortopedi atau anak yang tidak mempunyai cedera dengan orang tua mereka.

baca juga: Mandi Malam Ternyata Berikan Banyak Manfaat, Ini yang Perlu Anda Ketahui

Penelitian ini merupakan masukan yang berguna tentang kemungkinan efek ringan TBI pada anak. Namun, hasil studi ini tidak dapat memberikan bukti yang akurat terkait kebenaran issue penderita cedera otak ringan dapat membahayakan hubungan anak dengan orang tua mereka akibat beberapa keterbatasan dalam penelitian.

Jika ada kekhawatir orang tua karena perubahan perilaku, suasana hati dan sikap anak setelah cedera kepala, ada baiknya untuk menghubungi dokter. Meskipun kebenaran studi ini masih dikembangkan, orang tua tetap harus memberikan langkah cermat untuk melakukan tindakan pencegahan.

baca juga: Jarang Disadari, Sejumlah Makanan Ini Bisa Sebabkan Bau Badan

Penulis: Elvia Mawarni