HARDIKNAS: Momentum Refleksi Perjalanan Pendidikan

Penyerahan penghargaan kepada sekolah-sekolah pemenang lomba UKS tingkat Kabupaten Solok
Penyerahan penghargaan kepada sekolah-sekolah pemenang lomba UKS tingkat Kabupaten Solok (KLIKPOSITIF/Afri)

KLIKPOSITIF - Peringatan Hari Pendidikan Nasional diharapkan sebagai momentum refleksi perjalanan pendidikan .

"Hardiknas bukan hanya dikenang untuk menghormati kelahiran Ki Hajar Dewantara namun juga refleksi perjalanan berbagai program pendidikan secara nasional," ujar Bupati Solok, Gusmal saat upacara Hari Pendidikan Nasional di Stadion utama Gelanggang Olahraga Tuanku Tabing, Koto Baru, S-enin 2 Mei 2016.

baca juga: Madrasah Aliyah Harus Mampu Jemput Peluang Peradaban Baru

Ia mengatakan, tenaga pendidikan atau guru harus meneladani nilai-nilai dan pemikiran yang ditanamkan Ki Hajar Dewantara. "Pemikirannya menjadi benih pembangunan pendidikan di Indonesia serta tokoh pendidikan lainnya," tambahnya.

Ia mengajak semua pihak agar mau bekerja dan berinovasi membangun pendidikan terutama di Kabupaten Solok. "Sesuai dengan tema yang dicanangkan oleh pemerintah pusat Ayo kerja, Inovatif dan Kompetitif untuk menghasilkan SDM yang terampil dan berdaya saing," tambahnya.

baca juga: Lulus dari Stanford University, Maudy Ayunda: Dua Tahun Benar-benar Sudah Berlalu

Dalam peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun ini juga diserahkan penghargaan kepada sekolah-sekolah pemenang lomba UKS tingkat Kabupaten Solok, diantaranya tingkat Taman Kanak-kanak, TK Darma Wanita Kabupaten Solok juara 1, TK Pembina Talang juara 2 dan TK Pembina Bukit Sundi sebagai juara 3.

Sementara tingkat Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah, SDN 02 Tanjung Bingkung Kec. Kubung sebagai juara 1, SDN 08 Alahan Panjang Kec. Lembah Gumanti juara 2, dan MIS Tabek Talang Babungo Kec. Hiliran Gumanti juara 3.

baca juga: 15 Ribu Guru Agama Ikuti Pendidikan Profesi Guru Nasional

Tingkat SMP dan Mts, SMPN Sumani Kec. IX Koto Singkarak sebagai juara 1, MTsN Koto Baru Kec. Kubung juara 2, dan juara 3 diperoleh SMPN 6 Gunung Talang.

Tingkat SMA/MAN diantaranya MAN IX Koto Singkarak Juara 1, SMAN 1 Kubung Juara 2, dan SMA N 1 Bukit Sundi juara 3.

baca juga: PPDB di Padang, Minat Calon Siswa Baru Masuk Madrasah Sangat Tinggi

[Afri]

Penulis: Fitria Marlina