Lomba Bintang Sains Agam Resmi Ditabuh

Indra Catri membuka Lomba Bintang Sains 2020
Indra Catri membuka Lomba Bintang Sains 2020 (Ist)

AGAM , KLIKPOSITIF - Bupati Agam Dr H Indra Catri Dt Malako Nan Putiah membuka secara resmi lomba Bintang Sains, Selasa25 Februari 2020 di Lapangan Tenis Indoor Padang Baru, Lubuk Basung.Kegiatan yang dilaksanakan Pemkab Agam bekerja sama dengan Padang TV itu digelar selama dua hari.

Lomba ini diikuti Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) se - Kabupaten Agam .

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Agam Isra mengatakan, kegiatan bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Agam .

baca juga: Disdikbud dan Kemenag Tanah Datar Buka Pendaftaran Peserta Didik Baru, Ini Syaratnya

"Di antaranya untuk mengembangkan potensi, membentuk karakter, membangkitkan kreatifitas, mengasah kemampuan dan keberanian peserta didik," ujarnya.

Isra menambahkan, bagi peserta didik yang menjadi juara akan diberikan tropi bergilir untuk juara umum, tropi lepas dan tabanas.

baca juga: Kemendikbud Disarankan Buka Sekolah Secara Bertahap

Sementara itu, Bupati Agam Dr H Indra Catri Dt Malako Nan Putiah berharap kegiatan ini terus berlanjut. Karena melalui kegiatan tersebut akan membuat mental pelajar kuat dan mampu berkompetisi dengan dunia luar.

"Orang yang tidak memiliki semangat juang yang tinggi untuk berkompetisi maka akan kalah," ujarnya

baca juga: Longsor, Jalan Matur-Palembayan Terputus Total

Kabupaten Agam terkenal banyak melahirkan para juara, melahirkan pahlawan -pahlawan terkenal, bahkan mendunia.

"Oleh sebab itu, semenjak kecil sudah dididik untuk berkompetisi secara sehat. Tanpa itu tidak akan lahir generasi baru yang dapat menguasai dunia," ujarnya

baca juga: Pelaut Positif Corona, Total Kasus di Agam Jadi 19

Bupati berharap ini bisa mendorong anak- anak lebih giat berlatih untuk menjadi yang terbaik.

"Jika mental juara sudah ditanam dari kecil, maka dia tidak akan hanya menjadi follower akan tetapi menjadi leader di masa yang akan datang," tegasnya.

Maka, kata bupati harus diciptakan tempat-tempat untuk berkreasi dan berinovasi bagi anak-anak dan mengaktualisasi diri sedari kecil.

"Kemas kegiatan ini menjadi lebih baik lagi kedepanya, agar kita bisa menghasilkan anak -anak yang bermental juara," tutupnya. (rilis)

Editor: Rezka Delpiera