DPRD Sumbar Gelar Sidang Paripurna Pertama Interpelasi Jumat Pekan Ini

Ketua DPRD Sumbar Supardi
Ketua DPRD Sumbar Supardi (KLIKPOSITIF/Fitria Marlina)

PADANG, KLIKPOSITIF - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatera Barat gelar sidang paripurna pertama terkait interpelasi pada Jumat, 28 Februari 2020.

Ketua DPRD Sumbar Supardi mengatakan sesuai rapat Badan Musyawarah (Bamus) yang dilakukan kemarin, Senin (24/2), paripurna pertama akan digelar Jumat (28/2) dengan agenda mendengarkan usulan fraksi terkait interpelasi .

baca juga: Usulan Perda untuk New Normal Perlu Evaluasi PSBB

"Sidang paripurna pertama soal interpelasi akan mendengarkan pemaparan fraksi yang mengusulkan interpelasi . Masing-masing fraksi akan memberikan pandangan mereka terkait usulan interpelasi yang telah diajukan," katanya di DPRD Sumbar, Selasa, 25 Februari 2020.

Menurutnya dalam sidang paripurna pertama akan ada penambahan jumlah fraksi yang mendukung interpelasi . Namum ia tak menyebutkan secara detail dari fraksi mana akan ada penambahan.

baca juga: DPRD Minta Pemprov Segera Realisasikan Beasiswa Dana Rajawali

"Kemarin ada 16 anggota yang menyatakan setuju untuk pelaksanaan interpelasi . Kemudian ada tiga fraksi yang mengusulkan. Kemungkinan dalam sidang pertama besok akan ada penambahan," jelasnya.

Dalam sidang paripurna pertama soal interpelasi ia memastikan gubernur belum hadir. "Kita tidak mengundang Saudara Gubernur. Kita hanya akan mendengarkan usulan fraksi dan menerima apabila ada penambahan persetujuan interpelasi dari anggota dewan," tuturnya.

baca juga: DPRD Sumbar Sorot Pembangunan Bidang Pertanian

Sebelumnya, tiga fraksi di DPRD Sumbar mengajukan usulan interpelasi ke pimpinan. Fraksi yang mengajukan itu yakni Fraksi Gerindra, Fraksi Golkar, dan Fraksi Demokrat.

Dalam usulannya, mereka mengajukan hak interpelasi terkait perjalanan dinas gubernur ke luar negeri, masalah BUMD, dan masalah aset daerah. (*)

baca juga: Fraksi Gerindra Minta Tiga Kepala Dinas di Sumbar Diganti

Editor: Fitria Marlina